Investasi

Langkah – Langkah Penggunaan Portal NSWI untuk Pendaftaran Usaha

portal nswi

Indonesia memang menjadi salah satu negara yang cukup potensial bagi para investor. Masih ada banyak potensi yang dapat dikembangkan yang membuat banyak investor tertarik untuk menanamkan modal usaha. Guna memudahkan para investor ini pemerintah membuat portal NSWI yang merupakan portal khusus yang melayani berbagai perizinan penanaman modal usaha. Perizinan resmi memang sangat diperlukan sebelum mendirikan usaha agar seluruh aktivitasnya terpantau dan bisa berjalan dengan baik sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

NSWI atau National Single Window for Investment adalah portal resmi pemerintah yang difungsikan untukmenyediakan informasi resmi tentang investasi dan panduan pelaksanaan pendaftaran perizinan usaha atau penanaman modal.

Ada banyak tahapan yang perlu diikuti pada portal NSWI :

  • Melakukan pendirian usaha dan mendaftarkan usaha

Ini merupakan langkah paling awal yang harus Anda lakukan untuk mendaftarkan usaha. Pendaftaran ini dapat dilakukan pada laman resmi www.nswi.bkpm.go.id . Jika Anda ingin mendaftarkan usaha yang Anda miliki pastikan Anda sudah mendirikan badan usaha Anda dengan kategori penanaman modal yang jelas apakah penanaman modal dalam negeri atau modal asing. Selanjutnya ada tahapan yang berbeda yang harus dilakukan untuk masing-masing jenis usaha tadi.

  • Mengurus perizinan persiapan dan pembangunan konstuksi usaha

Jika pendirian badan usaha dan pendaftaran sudah dilakukan Anda baru dapat mulai mempersiapkan pembangunan infrastruktur usaha berupa bangunan. Pembangunan bangunan usaha ini juga memerlukan perizinan khusus yang harus Anda lengkapi. Pastikan Anda sudah memperoleh izin persiapan serta konstruksi sebelum memulai proses penggarapannya. Izin ini dikeluarkan oleh pemerintah daerah yang bisa berupa pemerintah propinsi, kabupaten/kota di lokasi investasi usaha Anda akan dibangun. Prosedur pengurusan izin persiapan serta konstruksi ini berbeda-beda antar daerahnya. Anda perlu mencari informasi mengenai prosedur yang berlaku di wilayah Anda.

  • Mengurus perizinan untuk pelaksanaan usaha

Ketika bangunan investasi Anda sudah berdiri, langkah selanjutnya adalah mengurus perizinan untuk pelaksanan usaha. Jenis perizinan untuk usaha penanaman modal ini bisa berbeda-beda tergantung jenis bidang usaha yang akan Anda jalankan nantinya. Anda perlu mengantongi 2 jenis perizinan yang berbeda yaitu perizinan usaha secara umum dan perizinan usaha yang spesifik pada bidang yang Anda jalankan. Izin pelaksanaan ini ada yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat dan ada pula yang dikeluarkan oleh pemerintah daerah. Pastikan Anda memperoleh izin resmi operasional agar usaha yang Anda jalankan dapat berjalan dengan resmi dan tidak melanggar aturan pemerintah.

  • Mengurus perizinan terkait penggunaan tenaga kerja dari luar Indonesia/asing

Jika kegiatan usaha Anda yang bergerak di bidang penanaman modal ini menggunakan tenaga kerja asing maka tahapan ini wajib untuk Anda lakukan agar para pekerja dapat beraktivitas secara legal di badan usaha milik Anda. Apabila Anda tidak menggunakan tenaga asing sama sekali maka tahap ini bisa Anda lewatkan dan langsung beralih ke tahap kelima.

  • Kesempatan memperoleh fasilitas penanaman modal

Ada kebijakan pemberian fasilitas fiskal yang ditawarkan pemerintah bagi aktivitas penanaman modal yang dilaksanakan di dalam negeri pada bidang-bidang tertentu. Fasilitas fiskal ini meliputi fasilitas bea masuk untuk impor mesin, barang dan bahan serta usulan untuk memperoleh PPh badan.

Informasi mengenai tahapan investasi tadi tertera di portal NSWI dengan terang dan jelas agar pengguna dapat memahami seluruh prosedurnya dengan baik. Keberadaan portal NSWI dari BKPM Republik Indonesia ini memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk melakukan pengurusan investasi.

Be the First to comment.

Leave a Reply