Kesehatan

4 Tips Ini Bantu Lindungi Kulit dari Dampak Polusi Udara

dampak polusi udara

Kalau merujuk semua dampak polusi udara tentunya akan membuat Anda khawatir dengan kesehatan kulit. Pasalnya efek buruk dari polusi udara ini memang mempengaruhi sekali terhadap kesehatan tubuh, dan salah satunya pada kesehatan kulit. Polusi ini memang tidak begitu terasa bagi masyarakat yang ada di pedesaan namun tidak dengan mereka yang tinggal di kawasan perkotaan padat penduduk. Bisa jadi polusi merupakan teman beraktivitas sehari-hari, dan baiknya melindungi diri dari dampak buruknya.

Pencegahan terhadap polusi tentunya sangatlah sulit dilakukan apalagi proses modernisasi sebuah wilayah tidak akan terlepas dari yang namanya polusi. Masyarakat mulai terbiasa memakai kendaraan pribadi yang proses pembakaran mesinnya menyumbang polusi udara lumayan besar. Ditambah dengan berbagai penggunaan mesin yang menghasilkan limbah, suara bising memekakkan telinga, dan lain sebagainya yang merusak keseimbangan alam. Apa yang akan Anda lakukan? Sudah tentu melindungi diri dari dampak polusi tersebut.

Tips Melindungi Kesehatan Kulit dari Polusi Udara

Polusi yang terjadi di sekitar tentunya tidak perlu dijadikan momok menakutkan apalagi ada sekian cara bisa dilakukan untuk melindungi kulit dari dampak polusi udara. Tips berikut akan cocok Anda aplikasikan:

  1. Menggunakan tabir surya,

Polusi udara mampu memicu proses penuaan dini karena sinar UV semakin mudah membakar kulit karena lapisan ozon semakin menipis. Melindungi kesehatan kulit dari efek tersebut bisa dengan mengaplikasikan tabir surya, bisa pula selalu memilih produk perawatan kulit yang mengandung proteksi terhadap sinar UV.

  1. Rutin mengaplikasikan produk perawatan kulit,

Untuk menjadikan kulit terhindar dari berbagai dampak dari polusi udara maka penting untuk rajin menggunakan produk perawatan kulit. Mulai dari sabun mandi, pelembab, sampai kosmetik (bagi kaum perempuan) yang efektif meremajakan kulit. Paparan polusi udara mampu merusakkan penyerapan nutrisi kulit sehingga mudah rusak, alhasil banyak masalah kulit berdatangan. Maka penting sekali untuk memberikan perawatan semestinya agar tetap sehat dan cantik.

  1. Menjaga asupan makanan sehari-hari,

Opsional yang jangan sampai terlewatkan untuk menjadikan kulit tetap sehat diantara himpitan polusi udara. Adalah dengan memberikan nutrisi melalui makanan yang disantap dalam keseharian, maka wajib kaya nutrisi. Makanan bernutrisi ternyata tidaklah makanan mahal melainkan yang kandungan gizinya seimbang. Bahkan seikat kangkung dengan harga Rp 2000 perak pun jauh lebih baik ketimbang ratusan ribu sayuran dalam kaleng. Jadi, nikmati makanan rumahan dengan gizi seimbang untuk memproteksi kulit dari polusi udara.

  1. Minum air putih sebanyak mungkin,

Ketika sering melakukan kontak dengan polusi udara karena memang harus keluar rumah dan sesekali menghabiskan waktu lumayan lama di luar ruangan. Maka dampak polusi ini mau tidak mau akan terserap cukup banyak pada kesehatan kulit. Atasi dengan melakukan detoksifikasi alami yakni minum air putih sebanyak mungkin, usahakan minimal dua liter. Terlebih di musim kemarau agar kesehatan kulit tidak semakin rentan, air putih tentu murah dan mudah didapatkan sehingga jangan malas meminumnya.

Dampak dari polusi memang sangat banyak, tidak hanya pada kesehatan pernafasan saja melainkan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Bagi yang memperhatikan penampilan dijamin akan mengenali dampaknya pada penampilan kulit yang semakin memprihatinkan. Maka penting memberikan proteksi dan perawatan yang memadahi agar dampak tersebut tidak semakin parah. Gunakan selalu produk dari Vaseline untuk membantu menjadikan kulit terawat dengan baik dan terhindar dari berbagai dampak polusi udara.

Be the First to comment.

Leave a Reply