Tips

Tips Mudah Membuat Kue Kukus Putu Ayu Khas Indonesia Ala Blueband

Tips Mudah Membuat Kue Kukus Putu Ayu Khas Indonesia Ala Blueband

Kue merupakan salah satu makanan yang sering dijadikan sebagai menu pembuka ataupun dalam berbagai acara. Semakin kesini semakin banyak jenis kue yang bermunculan dengan variasi yang sangat menarik. Salah satunya adalah kue kukus yang bermacam-macam, jenis kue yang dibuat dengan dikukus tersebut memang menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Sebenarnya ada jenis kue lainnya seperti kue kering, kue basah atau oven dan jenis kue lainnya. Tetapi karena cara pembuatan jenis kukus yang lebih mudah dan cepat sering dijadikan sebagai alasan para ibu rumah tangga untuk berkreasi.

Artikel Terkait : Ketahui Bahan-Bahan Resep Kue Kukus

Sebagai masyarakat Indonesia mungkin Anda tidak asing dengan kue putu ayu, jenis kue yang termasuk dalam kukus itu sekarang ini sudah jarang ditemui. Dahulu penjual sering menjajakan kue tersebut dengan berkeliling, mungkin karena perkembangan jaman kue tradisional khas Indonesia itu sudah mulai berkurang keberadaannya. Tetapi bagi Anda yang menginginkannya tidak perlu khawatir, karena ada resep mudah dalam membuat kue putu tanpa oven tersebut yaitu :

  1. Pertama Anda siapkan berbagai bahan terlebih dahulu, dari mulai telur, gula pasir, tepung terigu, baking powder, ovalet, margarin, susu, gula merah dan juga kelapa parut. Untuk ukuran bahan pembuatannya sendiri bisa disesuaikan dengan jumlah kue yang diinginkan.
  2. Setelah semuanya siap saatnya Anda membuat adonan yang dimulai dari mencampurkan gula, ovalet, telur serta sedikit esens pandan. Aduk hingga mengembang kurang lebih 10 sampai dengan 15 menit, tergantung dari intensitas mixer atau pengaduk yang digunakan.
  3. Selanjutnya Anda bisa menambahkan tepung terigu yang telah diayak sebelumnya, baking powder dan susu. Lakukan pengadukan sampai semua bahan tercampur rata dan menjadi sebuah adonan yang siap untuk dikukus.
  4. Sambil menunggu adonan siap, Anda bisa memanaskan panci kukusan terlebih dahulu dalam api yang sedang. Setelah adonan siap barulah untuk mengolesi loyang dengan margarin dari Blueband. Kandungan baik dari Blueband dapat membuat roti kukus Anda semakin sehat dan bergizi. Setelah diolesi semua bagian barulah menuangkan adonan yang telah tercampur rata tadi dalam satu loyang.
  5. Masukkan dalam panci kukusan kurang lebih selama 25-30 menit atau setelah kue terlihat matang dan mengembang.
  6. Kemudian bila kue sudah matang, angkat dan diamkan sampai dengan panas berkurang lebih kurang 5 menit. Setelah itu belah bagian tengah dan beri taburan kelapa parut serta gula merah yang telah dipotong kasar.
  7. Masukkan kembali untuk dikukus sebentar supaya gula merah dan kelapa yang diparut menyatu dan mencair seperti lelehan. Untuk waktu yang diperlukan dalam pengukusan kedua ini adalah kurang dari 10 menit, jadi Anda bisa selama 5 menit saja.
  8. Nah, dan terakhir angkat kue putu yang telah matang ke wadah yang telah Anda disediakan. Anda bisa menambahkan parutan kelapa serta gula merah kembali pada bagian atas untuk mempercantik penampilan. Kue putu cocok untuk disajikan pada pagi hari ataupun sore hari.

Nah, itulah beberapa tahapan dalam pembuatan kue putu yang Anda inginkan dan sudah jarang orang yang jual. Sebenarnya beragam jenis kue yang ada dipasaran bisa Anda buat sendiri dirumah, selain lebih hemat tetapi juga menyehatkan karena memilih bahan yang berkualitas. Anda bisa mencoba beragam jenis kue kukus dengan berbagai varian rasa, bentuk ataupun topping yang beragam sesuai selera. Buat suami dan anak betah dirumah dengan berbagai sajian kue yang Anda buat.

Be the First to comment.

Leave a Reply