Kesehatan

Tips Merawat Kesehatan Mata

Merawat Kesehatan Mata

Tips Merawat Kesehatan Mata – Apakah Anda merupakan pekerja kantoran yang harus selalu bekerja di depan komputer? Di ruangan ber-AC pula? Yah, di zaman modern seperti saat ini, rasanya sulit sekali untuk lepas dari yang namanya teknologi, entah itu gadget, smartphone, apalagi komputer. Tentunya, bagi sebagian besar pekerja kantoran, pengguna sosial media, atau pun penulis tidak bisa terlepas begitu saja, justru komputer / laptop merupakan benda yang teramat penting bagi mereka. Namun, tahukah Anda, jika terlalu lama bekerja di depan komputer, ternyata memiliki dampak yang negatif bagi kesehatan tubuh kita, terutama bagi kesehatan mata.

Seringkali, terkadang kita lupa untuk merawat kesehatan mata kita. Padahal, mata merupakan salah satu dari lima indera manusia yang sangat penting untuk dirawat. Untuk selalu memastikan kesehatan mata kita, berikut ini terdapat beberapa tips dilansir dari merdeka.com yang dapat Anda lakukan demi merawat kesehatan mata Anda, di antaranya adalah :

  • Makan banyak buah – buahan dan sayur – sayuran

Wortel, merupakan salah satu bahan makanan yang kaya akan beta karoten yang sangat membantu untuk menjaga kesehatan mata. Hal itu disebabkan karena beta karoten merupakan zat anti oksidan yang dapat mengurangi risiko degenerasi makula.

  • Hindari penggunaan kontak lensa selama lebih dari 19 jam

Menggunakan kontak lensa selama 19 jam dapat menyebabkan kerusakan mata permanen serta ketidaknyamanan pada mata Anda. Jangan pula memakai kacamata terlalu lama.

  • Kurangi penggunaan tetes mata

Menggunakan tetes mata untuk mengatasi mata merah boleh – boleh saja, asalkan hanya sesekali. Jika digunakan secara berlebihan justru akan merusak kesehatan mata Anda.

  • Gunakan mentimun

Gunakan mentimun untuk mengompres kelopak mata Anda. Taruhlah irisan mentimun yang dingin dan lembut di kelopak mata selama 10 menit sebelum tidur pada malam hari untuk mencegah mata bengkak.

  • Pakailah kacamata hitam pelindung UV

Gunakan lensa yang terpolarisasi, bukan hanya sekadar lensa yang gelap. Kacamata pelindung UV seperti ini sangat diperlukan untuk melawan paparan dari sinar matahari.

Be the First to comment.

Leave a Reply