Kesehatan

Tips Mudah untuk Membuat Berat Badan Ideal

berat badan ideal

Bentuk tubuh tidak menarik dengan timbunan lemak membuat siapa pun akan mengalami krisis kepercayaan diri, inilah yang membuat banyak wanita melakukan diet ketat tanpa konsumsi nasi untuk menurunkan berat badan secara cepat. Bukan mendapatkan bentuk badan ideal yang langsing, malahan akan dilarikan ke rumah sakit karena kelelahan dan kondisi lemah. Menurunkan berat badan yang tepat adalah mengontrol makanan bukan menghentikan konsumsi makanan yang dibutuhkan tubuh.

Saat memutuskan untuk menurunkan berat badan, tentukan dahulu berapa target ideal tubuh Anda. Ukur dengan cara paling sederhana, berapa tinggi badan di kurangi 110, hasilnya berapa badan normal seharusnya. Jika kurang dari itu, harus meningkatkan berat badan. Setelah diketahui selisih berat badan normal, maka tentukan berapa lama waktu untuk menurunkan berat pada. Normalnya 1 kilogram setiap minggu, tidak akan mengganggu rutinitas harian, apalagi jika harus bekerja setiap harinya.

Diet sehat tanpa menyiksa bisa dilakukan dengan mengontrol pola makan, mulai terapkan menu makanan sehat dengan mengutamakan sayur dan buah. Ini akan membuat badan menjadi lebih segar dan tidak ada lagi siksaan selama masa diet, berikut saran makanan yang baik di konsumsi sehari hari dan bisa menurunkan berat badan secara normal:

  • Konsumsi sayur dan buah lebih banyak. Normalnya tubuh membutuhkan 5 porsi sayur dan buah, untuk menurunkan berat badan jadikan 7 hingga 9 porsi setiap harinya. tidak perlu harus saat makanan berat, gantikan camilan dengan buah, bisa di konsumsi langsung atau buat dalam bentuk salad atau jus.
  • Kurangi porsi karbohidrat dalam porsi makan harian. Konsumsi nasi, roti dan pasta masih boleh selama program diet, namun kurangi jumlahnya. Porsi makanan yang mengandung karbohidrat sebaiknya sepertiga dari porsi makan, sebagai gantinya bisa menggunakan karbohidrat whole grain atau biji-bijian utuh yang lebih sehat dan rendah lemak.
  • Pilih protein dengan kandungan lemak rendah. Program diet sehat tidak akan membuat pengguna tersiksa, masih bisa konsumsi protein hewan, namun pilih yang kandungan lemaknya rendah, misalkan ikan salmon dan tuna. Jika ingin daging, maka pilih unggas dan telur, bisa juga memilih daging tanpa lemak.
  • Makanan rebusan lebih baik. Makanan olahan digoreng memiliki kandungan lemak jahat tinggi, agar program diet sehat sukses. Pilih olahan makanan rebusan saja yang lebih sehat, bisa juga dipanggang dengan menghilangkan bagian berlemak.

Be the First to comment.

Leave a Reply