Kesehatan

Segudang Manfaat Jalan Kaki Untuk Kesehatan  

 manfaat jalan kaki untuk kesehatan

Manfaat Jalan Kaki

Jalan kaki, kegiatan yang sederhana ini pada buktinya sekarang sudah cukup terlupaan oleh sebagian masyarakat kita. Kecanggihan alat transportasi yang ada dan semakin berkembang membuat sebagian masyarakat lebih memilih untuk berkendara padahal jarak tempuh dari tujuan yang sangat dekat dengan alasan adalah kepraktisan. Padahal jalan kaki adalah salah satu olahraga ringan yang dapat memberikan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Oleh sebab itulah penting untuk kita menjadikan jalan kaki sebagai sebuah rutinitas sehari-hari dan bahkan jika jarak tempat kerja atau tempat sekolah cukup dekat dengan rumah, kita bisa cukup berjalan kaki saja untuk alasan kesehatan juga.

Kita disarankan paling tidak berjalan kaki selama 30 menit dalam sehari. Akan tetapi kalau mungkin untuk anda yang belum terbiasa, sekarang bisa dimulai dari langkah yang sederhana, mungkin 10 atau 15 menit saja untuk berjalan kaki sebagai langkah awal latihan agar jalan kaki bisa jadi sebuah rutinitas. Jika jalan kaki bisa kita jadikan sebagai rutinitas, beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh yang bisa kita peroleh antara lainnya adalah sebagai berikut :

  1. Baik untuk kesehatan jantung serta dapat secara efektif menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Jalan kaki dapat meningkatkan denyut jantung, kemudian menaikkan sirkulasi darah serta memperkuat fungsi jantung. Dengan begitu, jalan kaki bermanfaat untuk menjaga jantung tertap sehat. Selain itu juga kegiatan jalan kaki bisa dengan bekala mengatur tingkat kolesterol di dalam tubuh maupun juga kadar gula darah.
  2. Mecegah terjadinya penyakit diabetes tipe 2. Penyakit yang begitu ditakuti ini bisa didukung pencegahannya dengan rajin jalan kaki dalam waktu yang cukup setiap harinya. Berjalan kaki memicu otot untuk bekerja lebih rutin, dan hal ini membuat meningkatnya kemampuan tubuh untuk menyerap glukosa yang semakin baik. Diketahui jalan kaki selama 30 menit sehari bisa menurunkan 30 persen resiko diabetes tipe 2.
  3. Mecegah terjadinya osteoporosis. Manfaat untuk kesehatan tubuh dari kegiatan sederhana berjalan kaki lainnya adalah dapat mencegah terjadinya penyakit tulang dan sendi, yakni osteoporosis. Berjalan kaki akan bermanfaat untuk membangun serta mempertahankan kesehatan tulang sehingga tidak mudah mengalami pengeroposan. Karena osteoporosis terjadi lantaran adanya pengeroposan tulang.
  4. Menaikkan sistem kekebalan tubuh. Minimnya bergerak akan berakibat pada mudahnya tubuh terserang penyakit. Jalan kaki adalah gerak tubuh yang bisa memberikan manfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh sehingga membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit. Selain itu, berjalan kaki baik untuk kesehatan tubuh dengan membuat tubuh lebih rileks juga nyenyak saat tidur.
Be the First to comment.

Leave a Reply