Informasi Keluarga

Mencukupi Kebutuhan Protein Harian Untuk Kesehatan Tubuh

Untuk menjaga agar tubuh tetap sehat, salah satu langkah yang efektif untuk dilakukan adalah mencukupi kebutuhan nutrisi harian dengan mengkonsumsi makanan sumber zat gizi seimbang. Nah, bicara soal mencukupi kebutuhan nutrisi harian tubuh, salah satu zat gizi yang penting untuk kita cukupi kebutuhannya adalah protein. Protein diberlukan sebagai sumber energi disamping kebutuhan karbohidrat. Protein ada di dalam sel-sel tubuh kita. Zat yang satu ini kita perlukan untuk membantu tubuh kita dalam memperbaiki sel-sel serta memproduksi sel-sel baru. Protein dibutuhkan sejak kecil, yang mana asupan protein yang cukup di masa anak-anak akan membantu dalam hal pertumbuhan dan perkembangan. Selain itu juga orang dewasa sampai dengan ibu hamil pun penting untuk mencukupi kebutuhan protein setiap harinya.

Makanan sumber protein selama proses pencernaan akan dipecah jadi beberapa bagian kecil atau yang disebutnya dengan asam amino. Asupan asam amino diperlukan oleh setiap dari kita dalam jumlah yang cukup besar. Sumber zat gizi protein ada begitu banyak di sekitar kita yang sangat mudah untuk kita jumpai. Mulai dari telur, kemudian daging sapi, aneka seafood, susu dan produk olahannya, kacang-kacangan sampai dengan juga biji-bijian. Pola makan yang seimbang dengan memvariasikan menu makanan setiap harinya sebetulnyua sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan protein. Sehingga tidak diperlukan lagi tambahan suplemen protein.

Kemudian, seberapa banyak asupan protein yang kita butuhkan sehari-hari. Untuk orang dewasa, kebutuhan proteinnya sekitar 10 sampai dengan 35 persen dari total kebutuhan kalori per harinya. Contohnya saja kebutuhan kalori per harinya adalah 2000 kalori, sehingga kebutuhan protein harian kurang lebih adalah 50 sampai dengan 175 gram. Dalam mencukupi kebutuhan protein pun disarankan dengan memilih makanan sumber protein secara beragam, dan juga memilih yang rendah lemak juga rendah kalori. Umumnya dua sampai dengan tiga porsi makanan yang kaya akan kandungan zat gizi satu ini sudah dapat mencukupi kebutuhan asupan protein sehari-hari. Contohnya adalah 50 sampai dengan 85 gram daging rendah lemak, kemudian daging unggas tanpa kulit dan juga ikan. Kemudian bisa juga dengan memilih setengah cangir kacang-kacangan sebagai cemilan sehat atau satu butir telur.

Be the First to comment.

Leave a Reply