Langkah Paling Tepat Untuk Melatih Stimulasi Kepintaran Anak

Langkah Paling Tepat Untuk Melatih Stimulasi Kepintaran Anak

Tidak sedikit orang tua yang bertanya-tanya mengenai bagaimana cara mengajari anak belajar membaca dan menulis. Karena ini adalah salah satu cara melatih stimulasi kepintaran anak. Selain itu, membaca dan menulis merupakan dua kemampuan yang penting untuk dikembangkan sedini mungkin. Jadi, memang pada kenyataannya ibu tidak dapat mengandalkan untuk menunggu si kecil masuk sekolah agar ia mendapatkan pembelajaran tentang membaca dan menulis. Melainkan perlu untuk diasah sejak usia pra-sekolah. Nah, menulis sendiri adalah bagian dari kemampuan motorik halus, dimana kemampuan ini dapat diasah pada si kecil mulai dari belajar untuk memegang pensil, mulai menggoreskannya dengan menarik garis, menggambar titik-titik, menggambar bangun datar, sampai dengan mewarnai. Sementara itu menulis sendiri dapat dilakukan mulai dari memperkenalkan huruf dan angka, belajar mengeja huruf konsonan dengan huruf fokal, belajar membaca kata demi kata sampai dengan kalimat.

Memang ada banyak cara mengajari anak belajar membaca dan menulis. Ibu dapat menstimulasi kepintaran anak dalam belajar membaca dan menulis pada si kecil dengan memberikannya pesan pendek dalam secaraik kertas setiap harinya untuk membiarkan si kecil membaca dan membalasnya. Pakailah kertas yang juga menarik untuk si kecil. Seperti kertas bewarna terang dan tulisan memakai spidol warna gelap misalnya. Jangan pernah lelah untuk terus memberikan stimulasi terbaik untuk mendukung si kecil dalam belajar membaca dan menulis. Karena memang salah satu kunci dari cara mengajari anak belajar membaca dan menulis adalah menerapkan pembelajaran secara bertahap dan rutin. Lantas, kalau si kecil sudah mulai bisa membaca dan menulis, maka langkah berikutnya adalah berikan stimulasi kepintaran anak untuk mendukung kelancaran si kecil dalam membaca dan menulis. Seperti yang disampaikan di atas juga bahwa mengajari si kecil belajar membaca dan menulis itu perlu dilakukan secara bertahap dan meningkat.

Pada dasarnya setiap anak memiliki berbagai jenis kepintaran yang salah satu bagiannya tidak jauh dari kemampuannya untuk membaca dan menulis sejak usia dini. Nah, kepintaran si kecil tersebut dapat didukung optimalnya dengan memberikan stimulasi secara tepat. Selain itu juga asupan nutrisi jelas tak kalah penting untuk mendukung anak dalam proses mengamati dan berpikir. Lengkapi kebutuhan nutrisi si kecil dengan susu Wyeth S-26 Procal Gold yang merupakan susu pertumbuhan dengan kandungan aneka ragam nutrisi penting yang dibutuhkan oleh anak untuk bertumbuh dan berkembang secara lebih optimal. Termasuk juga perkembangan kecerdasan otaknya.

 

Baca juga: Pendidikan Anak Usia Dini Berdasarkan Para Pakar, Pentingkah?

Share