Langkah Mudah Cara Merawat Pakaian Supaya Terlihat Seperti Baru

Langkah Mudah Cara Merawat Pakaian Supaya Terlihat Seperti Baru

Langkah Mudah Cara Merawat Pakaian

Memiliki pakaian yang tetap terawat tentunya akan menambah tingkat kepercayadirian anda saat beraktivitas di luar rumah. Melihat seseorang dengan mengenakan pakaian yang bersih, rapi dan selalu tampak baru tentu akan membuat anda merasa iri dan ingin tampil terlihat seperti mereka. Pakaian pada umumnya akan menjadi lebih cepat rusak jika anda melakukan cara perawatan yang kurang tepat untuk setiap pakaian yang anda kenakan.  Lalu bagaimana cara merawat pakaian yang tepat agar selalu terlihat baru dalam waktu yang cukup lama? Berikut ini adalah beberapa langkah mudah dalam merawat pakaian agar selalu tampak cerah dan tahan lama :

  • Sebelum mencuci pakaian, pastikan anda memisahkan bahan pakaian yang luntur agar warnanya yang memudar tidak menempel pada pakaian lain. Selain itu, anda juga harus memisahkan antara pakaian yang sangat kotor dengan pakaian yang tidak terlalu kotor agar pada saat mencuci, kotoran pada pakaian tersebut tidak tercampur pada seluruh pakaian.
  • Pada tahap mencuci sebaiknya lihat label pada pakaian yang dapat anda jadikan sebagai petunjuk untuk mencuci pakaian tersebut secara tepat, termasuk memilih cara mencuci yang tepat antara mengucek atau menggunakan mesin cuci agar tidak merusak pakaian yang telah anda cuci. Biasanya, cara mencuci yang terdapat pada label dilihat dari jenis bahan pakaian, dan cara mencuci yang sebaiknya dilakukan baik dalam penggunaan air, deterjen, pemutih pakaian, dan sebagainya. Untuk hasil terbaik, anda bisa menggunakan rinso sebagai deterjen terpercaya yang telah banyak digunakan dan memberikan hasil  sempurna tanpa meninggalkan noda pada pakaian yang telah anda cuci.
  • Setelah mencuci, hal yang harus dilakukan adalah menjemur pakaian. Pada tahap ini, anda dianjurkan untuk menggunakan hanger agar pakaian yang dijemur tidak rusak dan kering sempurna karena tidak ada lipatan-lipatan pakaian yang tersembunyi. Selain itu, anda juga tidak perlu membalikkan pakaian yang dijemur karena menjemur dengan menggunakan hanger ini membuat pakaian anda akan terkena sinar matahari secara keseluruhan. Namun, untuk jenis pakaian yang berbahan kaos sebaiknya tidak dijemur dengan hanger, karena dapat membuat pakaian menjadi cepat melar dan rusak. Anda juga harus menjemur pakaian dalam keadaaan terbalik (bagian luar menjadi didalam dan sebaliknya)). Hal ini bertujuan untuk menghindarkan pakaian menjadi lebih cepat memudar karena terkena sinar ultraviolet.
  • Untuk menciptakan kesan yang rapi, anda juga harus menyetrika pakaian namun tetap memperhatikan bagaiaman cara menyetrika yang tepat seusai dengan bahan pakaiannya dan mengatur suhu panas setrika yang digunakan.
  • Penyimpanan pakaian dalam lemaripun harus anda perhatikan dengan baik. Untuk mempermudah menemukan pakaian yang akan anda kenakan, sebaiknya atur penyimpanan pakaian dan simpan dengan rapi baik dilipat maupun digantung dengan menggunakan hanger sesuai dengan jenis dan bahan pakaian yang anda simpan.
  • Cara merawat pakaian yang tepat juga bisa anda terapkan dalam cara mengenakan pakaian sesuai dengan aktivitas yang anda lakukan sehari-hari, termasuk tidak tidur dengan mengenekan pakaian yang biasa anda gunakan untuk diluar rumah.
Share