Perencanaan Keuangan Untuk Wujudkan Impian Masa Depan

Perencanaan Keuangan Untuk Wujudkan Impian Masa Depan

Perencanaan Keuangan Untuk Wujudkan Impian

Telah bekerja bertahun-tahun namun hingga saat ini belum bisa mewujudkan impian apapun seperti membeli rumah, kendaraan, memberangkatkan haji orangtua, dan berbagai impian lainnya? Mungkin penyebabnya adalah Anda yang tidak melakukan perencanaan keuangan dengan baik. Bahkan penggunaan uang Anda selama ini asal-asalan tanpa mempertimbangkan dan tanpa tahu untuk apa selama ini uang Anda. Coba ingat-ingat digunakan untuk apa uang milik Anda selama ini. Jika Anda tak bisa menjawabnya maka artinya Anda tak melakukan pengelolaan uang dengan baik. Untuk dapat mewujudkan impian seperti diatas maka menabung adalah sesuatu yang wajib dilakukan. Menabung tak hanya dilakukan ketika Anda memiliki uang lebih namun merupakan hal rutin yang harus dilakukan tiap periode gajian Anda. Jika tak menabung maka bagaimana berbagai impian tersebut bisa terwujud?

Bukan masalah berapa nominal gaji Anda, bukan masalah gaji Anda yang kecil sehingga untuk memenuhi kebutuhan hidup saja tak cukup apalagi untuk menabung. Namun masalahnya adalah apakah Anda membuat perencanaan keuangan atau tidak. Perencanaan keuangan bisa dikatakan sebagai sebuah proses dimana seseorang berusaha untuk memenuhi tujuan-tujuan finansialnya melalui pengembangan dan implementasi sebuah rencana keuangan. Dapat kita artikan pula sebagai pengalokasian uang dalam satu bulan untuk belanja kebutuhan, membayar berbagai tagihan, juga investasi dan simpanan. Jadi jelas akan digunakan untuk apa saja uang yang Anda hasilkan selama satu bulan. Uang tersebut dialokasikan ke berbagai hal termasuk untuk ditabung dan untuk diinvestasikan. Bukan hanya dibagi untuk memenuhi berbagai kebutuhan hidup.

Dengan membagi uang atau menyisikan uang di awal yang Anda hasilkan khusus untuk menabung dan investasi maka berbagai impian Anda bisa ditargetkan kapan terwujud, tak hanya angan-angan saja. Dalam perencanaan keuangan untuk membagi uang dalam berbagai hal maka Anda harus mengetahui berapa jumlah pendapatan Anda selama satu bulan dan berapa dan untuk apa saja pengeluaran yang biasa Anda butuhkan. Pastikan dalam hal ini pengeluaran Anda tidak lebih besar dari pendapatan selama satu bulan. Jika ternyata lebih besar atau sangat pas-pasan sehingga tak ada uang untuk ditabung maka identifikasi apa saja pengeluaran yang sebenarnya tidak terlalu penting namun selalu Anda keluarkan. Langkah awal memang adalah dengan melakukan identifikasi pengeluaran Anda.
Jika sudah jelas apa saja pengeluaran yang tak perlu maka akan lebih memudahkan Anda, bisa juga cari siasat untuk mengatasinya. Dengan melakukan perencanaan maka berbagai keuntungan bisa Anda dapatkan, berbagai impian Anda juga akan lebih jelas jaraknya di depan Anda. Bukan hanya merencanakan saja namun juga rencana tersebut harus dilaksanakan. Untuk membantu Anda menjalankan rencana tersebut kini ada aplikasi Dompetku. Dompetku merupakan layanan e-money dari Indosat Ooredoo yang memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai transaksi keuangan. Dalam melaksanakan perencanaan keuangan yang sudah Anda buat, aplikasi ini memiliki berbagai layanan yang pas. Penasaran? Coba lihat apa saja layanannya.

Baca juga selengkapnya disini : https://plus.dompetku.com/blog/perencanaan-keuangan-keluarga-saat-liburan/

Share