Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini Sejak Lahir – 3 Tahun

Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini Sejak Lahir – 3 Tahun

Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini

Dalam fase kehidupan seorang anak, terdapat tahapan proses berkelanjutan yang mengiringi nya, yaitu proses pertumbuhan dan perkembangan. Kedua proses ini saling terkait dalam fase pertumbuhan anak sejak lahir hingga masa emas kehidupan, yaitu di masa pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini yang dimulai sejak lahir hingga usai sekitar 3 tahun.

Tahapan tumbuh kembang anak usia dini dimulai sejak masa prenatal atau masa sebelum kelahiran. Di masa ini terjadi fase pertumbuhan yang luar biasa dimana sebuah sel berubah menjadi satu organisme yang sempurna dilengkapi otak dan kemampuan bertingkah laku yang berkembang selama kurang lebih sembilan bulan.

Tahapan selanjutnya adalah tahap pasca natal. Pada tahapan ini proses tumbuh kembang terbagi dalam sejumlah fase, yaitu antara lain:

  • Masa Neomatus, yaitu masa pertumbuhan bayi baru lahir 0 hingga 28 hari. Pada fase ini bayi akan mengalami proses adaptasi pada semua sistem organnya, yaitu organ pernafasan, organ jantung, dan organ geraknya.
  • Masa bayi, yaitu masa kehidupan bayi sejak hari ke 29 hingga 1 tahun. Di masa ini fase tumbuh kembang bayi dibagi 3 tahapan, yaitu:
  • Bayi usia 1 bulan hingga 4 bulan. Di masa ini terjadi pertumbuhan dan perkembangan berat badan hingga 1000 gram per bulan.
  • Bayi usia 4 bulan hingga 8 bulan. Di masa ini terjadi pertumbuhan dan perkembangan berat badan sekitar 600 gram per bulan. Sedangkan tinggi badan masih belum banyak berubah.
  • Bayi usia 8 bulan hingga 12 bulan. Di fase ini berat badan bayi bisa mencapai 3 kali lipat berat lahirnya. Dan tinggi badan bayi mencapai 1,5 kali berat asalnya saat dilahirkan. Umumnya tinggi badan bayi di usia 12 bulan (1 tahun) mencapai kisaran 75 cm.
  • Masa anak-anak, yaitu saat anak mencapai usia 1 tahun hingga 3 tahun. Di fase ini akan terjadi proses perlambatan dalam pertumbuhan dan perkembangan fisik. Sampai tahun ke-3 umumnya berat badan bisa naik antara 2 kg hingga 3 kg per tahunnya. Dan untuk tinggi badan bisa bertambah hingga 10 cm per tahun. Umumnya berat badan di tahapan ini sudah bisa mencapai sekitar 4 sampai 5 kali berat badan saat bayi atau saat lahir, dan tinggi badan sudah mencapai separuh tinggi normal orang dewasa. Lingkar kepala anak pun sudah mencapai diameter sekitar 50 cm.

Di masa ini asupan gizi dan nutrisi punya peran penting dalam mendukung tumbuh kembang anak. Pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini akan makin optimal bila disokong dengan makanan yang bergizi dan juga minuman yang mengandung nutrisi yang tepat. Contohnya adalah susu S-26 Procal dan S-26 Procal Gold dari Wyeth yang sangat baik dalam mendukung tumbuh kembang anak usia 1 sampai dengan 3 tahun.

Share