Mengintip Strategi Bisnis Retail Saat Ini

Mengintip Strategi Bisnis Retail Saat Ini

Anda pasti tahu dengan waralaba retail seperti Alfamart, Indomaret dan lainnya.Harus diakui, usaha retail tetap memiliki potensi cukup besar ditengah lesunya kondisi ekonomi. Hal ini disebabkan oleh karena bisnis retail menjual berbagai kebutuhan pokok dimana mau tidak mau tetap harus dipenuhi oleh konsumen. Bahkan saat ini, dikota kota kecamatan, banyak didirikan waralaba retail dimana banyak orang berbondong bondong menjadi mitra franchise retail tersebut.

Perlu dana yang cukup besar jika ingin menjadi mitra waralaba retail dan anda punya alternatif terbaik untuk bisa sukses tanpa harus menjadi mitra waralaba retail terkenal. Mau tahu rahasia-nya? Silakan simak tips strategi bisnis retail saat ini yang akan dijelaskan sebagai berikut. Terlebih bila anda merupakan keluarga yang masih sibuk dengan aktivitas sehari-hari, bisa jadi informasi ini akan mempersingkat aktivitas anda menjadi seorang pebisnis retail.

• Lokasi Usaha Yang Tepat

Salah satu aspek terpenting supaya usaha retail yang anda jalankan bisa berhasil yakni menentukan lokasi usaha yang tepat. Kriteria tempat usaha yang punya potensi besar dalam medatangkan pelanggan seperti lokasi harus terlihat jelas, berada dekat pemukiman/ perumahan penduduk, dekat dengan berbagai fasilitas umum dan lainnya.

• Desain Tempat Usaha Yang Baik

Sebenarnya tidak perlu menjadi mitra waralaba retail jika ingin sukses membuka usaha retail. Asalkan anda bisa mendesain tempat usaha retail terlihat sangat menarik layaknya Alfamart atau Indomaret. Jadi modal awal yang anda perlukan cukup besar untuk merenovasi dan mendesain tempat usaha anda nyaman dan terkesan profesional di mata konsumen. Jangan lupa juga buat nama yang unik dan mudah diingat, jadi pemberian nama tidak bisa sembarangan.

• Harga Jual Yang Kompetitif

Selain tempat yang nyaman dan lokasi yang tepat. Masalah harga seringkali menjadi pertimbangan utama konsumen belanja di tempat anda. Jika anda memataok harga yang terlalu tinggi maka semenarik apapun desain tempat usaha tetap saja konsumen enggan datang karena mereka lebih memilih berbelanja di tempat lain.

• Lakukan Promosi Yang Tepat Sasaran

Strategi bisnis retail yang bisa anda coba yaitu membuat brosur/ selembaran yang berisi harga promo untuk produk produk tertentu dimana selembaran tersebut bisa anda sebarkan ke perumahan sekitar lokasi tempat usaha anda. Dengan demikian promosi yang anda lakukan tepat sasaran dan tertarget.

Demikianlah penjelasan mengenai strategi bisnis retail saat ini yang bisa anda coba lakukan. Jadi faktor kesuksesan menjalankan usaha retail tidak hanya menjadi mitra waralaba retail melainkan banyak cara yang bisa dilakukan. Atau jika anda berencana membuka usaha retail skala besar bisa mencari investor dari BKPM. Namun hendaknya setiap bisnis itu diawali dengan langkah kecil terlebih dahulu, semoga bermanfaat.

Share