Kendala Pembangunan Sektor Pertanian Saat Ini di Indonesia

Kendala Pembangunan Sektor Pertanian Saat Ini di Indonesia

Dalam pembangunan sektor pertanian saat ini di Indonesia, kita tidak boleh menutup mata dan mengabaikan setiap kendala yang terjadi dalam pembangunan di sektor pertanian karena dalam setiap usaha pasti menemui kendala yang menjadi penghambat dalam kemajuan. Begitu juga yang terjadi pada sektor pertanian di Indonesia. Cukup banyak kendala menghambat pembangunan sektor pertanian misalnya seperti kondisi lahan pertanian, keterbatasan modal, kondisi iklim yang kurang mendukung dan lain sebagainya. Dibawah ini merupakan beberapa penjelasan mengenai kendala yang menghambat kemajuan sektor pertanian di Indonesia.

1.Kondisi Lahan Pertanian
Kondisi lahan pertanian di Indonesia merupakan salah satu kendala pembangunan sektor pertanian saat ini di Indonesia. Harga tanah yang semakin mahal membuat luas lahan yang dimiliki oleh petani di Indonesia rata-rata sempit. Disaat yang bersamaan, kemampuan para petani untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja sudah pas-pasan ditambah harus membeli lahan yang harganya semakin hari semakin mahal. Semakin sempit lahan untuk bertani karena pengalihan funsgi lahan untuk pembangunan gedung-gedung industri yang semakin hari semakin bertambah jumlahnya memakan wilayah para petani untuk bertani, sedangkan kebutuhan manusia akan pangan tidak diimbangi oleh banyaknya sumber daya pangan akibat keterbatasan lahan.

2. Kurangnya sumber daya manusia
Pendidikan formal petani yang rata-rata hanya lulusan SD saja menyebabkan pengetahuan para petani dalam pembangunan sektor pertanian saat ini di Indonesia tidak berkembang dan cenderung itu-itu saja alias tidak ada inovasi. Para petani hanya menggantungkan hidupnya pada hasil bertani saja tanpa menciptakan inovasi-inovasi terbaru demi peningkatan hasil tani yang berlimpah. Karena hasil panen yang tidak seberapa menyebabkan banyaknyapetani yang tidak memiliki modal dalam mengembangkan usaha taninya.Hal ini yang menjadi salah satu faktor yang menyebabkan kehidupan para petani tidak sejahtera dan menyebabkan tingginya tingkat kemiskinan di Indonesia padahal mata pencaharian 50 juta penduduk Indonesia adalah sebagai petani.

3. Masalah Teknologi
Masih banyak petani yang belum mampu menerima sistem pengalihan teknologi pertanian dari tradisional menjadi modern secara luas. Masih banyak petani yang lebih memilih untukmenggunakan peralatan tradisional untuk megolah hasil tani. Padahal alat-alat tradisional justru lebihbanyak memakan waktu dan tenaga dibandingkan dengan menggunakan peralatan dan teknologi modern yang telah diterapkan oleh para petani dinegara-negara luar. Penerapan teknologi di Indonesia masihkurang tepat pada sasaran. Disatu sisi teknologi tersebut dapat membantu dan meningkatkan kualitas dan kuantitas pangan tapi disisi lain teknologi tersebut dapat merusak lingkungan yang ada jika kita tidak menggunakannya dengan bijaksana.

Itu dia 3 kendala pembangunan sektor pertanian saat ini di Indonesia. Selain itu perlu adanya dana atau modal dari pemerintah. Atau mungkin investasi dari luar yang akan dibantu oleh BKPM selaku koordinator dalam penanaman modal agar kendala di sektor pertanian dapat diatasi.

Share