Amankah Kondisi Hamil Menyusui Bagi Ibu, Anak, dan Janin dalam Kandungan?

Hamil Menyusui

Amankah Kondisi Hamil Menyusui Bagi Ibu, Anak, dan Janin dalam Kandungan?

Sebagian besar wanita telah merencakan kehamilannya dengan matang tetapi terkadang hal tersebut meleset sehingga kehamilan kedua dapat terjadi padahal kebutuhan ASI si kecil belum terpenuhi dengan maksimal. Amankah hamil menyusui bagi ibu dan anak?

ASI merupakan sumber nutrisi yang paling baik untuk pertumbuhan anak sehingga pakar kesehatan menganjurkan untuk memberikan ASI kepada bayi minimal selama 6 bulan. Banyak sekali kandungan vitamin, mineral, protein, dan zat lainnya dalam ASI yang baik untuk tumbuh kembang si kecil, tetapi bagaimana dengan kondisi ASI ibu yang hamil? ASI seorang ibu yang menyusui saja berbeda dengan kondisi ASI seorang ibu yang sekaligus hamil. ASI ibu yang sedang hamil mengalami penurunan nilai gizi sehingga kurang baik dikonsumsi untuk si kecil.

Menyusui ketika hamil tidak mengganggu kesehatan janin dalam kandungan selama asupan nutrisi terpenuhi dengan baik. Tetapi alangkah baiknya untuk menghentikan pemberian ASI karena kandungan ASI telah berkurang dan tubuh wanita hamil membutuhkan lebih banyak asupan nutrisi untuk pertumbuhan janin dalam kandungan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan selama mengalami kehamilan saat menyusui, diantaranya adalah:

  1. Bagi wanita yang telah memiliki riwayat keguguran pada kehamilan sebelumnya maka harus memperhatikan kesehatan lebih ekstra. Saat menyusui akan terjadi kontraksi pada bagian payudara dan rahim, meskipun kontraksi ini berkemungkinan kecil menyebabkan keguguran tetapi kamu harus lebih waspada lagi dan segera konsultasikan dengan dokter.
  2. Hamil pada saat menyusui dikhawatirkan ibu, janin, dan anak akan mengalami kekurangan asupan nutrisi. Tetapi hal itu dapat diatasi dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan minum susu Lactamil sebagai pendamping kehamilan
  3. Produksi ASI ibu yang hamil akan berkurang dan kaulitasnya pun juga semakin berkurang sehingga alangkah baiknya jika mulai mengurangi frekuensi pemberian ASI kepada si kecil dan menggantinya dengan susu formula agar si kecil mulai terbiasa.

Pada dasarnya menyusui saat hamil tidak membahayakan bagi kesehatan ibu, janin, dan bayi selama asupan nutrisi ibu tetap terjaga dengan baik.

Share