Fungsi Keluarga Seperti Inikah Yang Seharusnya?

Fungsi Keluarga Seperti Inikah Yang Seharusnya?

Pengertian keluarga, jika ditanya ke beberapa orang pasti akan menghasilkan beberapa jawaban yang berbeda. Ya pengertian dari keluarga biasanya berbentuk opini dari orang yang menilai keluarga seperti apa dimata mereka. Artikel kali ini akan menjelaskan apa itu keluarga? Apa fungsinya dan apa saja tugas pokok dari keluarga? Kita mulai dari apa itu pengertian dari keluarga. Banyak yang mendifinisikan pengertian dari keluarga namun yang sering dipakai secara umum adalah menurut Salvicion dan Ara Celis, yaitu keluarga adalah dua atau lebih individu yang tergabung karena hubungan darah, hubungan perkawinan atau pengangkatan dan mereka hidup dalam satu rumah tangga, berinteraksi satu sama lain dan didalam perannya masing-masing dan menciptakan serta mempertahankan suatu kebudayaan.

Setelah mengetahui apa itu pengertian keluarga, anda harus mengetahui apa fungsi keluarga. Fungsi dari keluraga adalah

1. Fungsi pendidikan. Fungsi keluarga disini adalah mendidik dan menyekolahkan anak-anak untuk bisa mempersiapkan kedewasaan dan masa depan anak kelak.

2. Fungsi sosialisasi anak. Fungsi keluarga disini adalah bagaimana keluarga bisa mempersiapkan anak menjadi anggota masyarakat yang baik.

3. Fungsi perlindungan. Tugas keluarga disini adalah sebagai pelindung anak-anak dari tindakan yang tidak baik sehingga menciptakan lingkungan keluarga yang aman dan terlindungi.

4. Fungsi ekonomi. Keluarga, dalam hal ini adalah kepala keluarga bertugas untuk mencari nafkah untuk keluarganya, mengatur penghasil sehingga bisa memenuhi kebutuhan-kebutuhan keluarga yang lain.

Itu adalah empat dari sekian banyak fungsi keluarga. Untuk beberapa tugas pokok keluarga antara lain pemeliharaan fisik keluarga dan anggotanya, pemeliharaan sumber-sumber daya yang ada didalam keluarga, pembagian tugas masing-masing sesuai dengan kedudukannya, sosialisasi antar anggota keluarga, dan pemelihara ketertiban.

Jika tugas dan fungsi dari keluarga bisa terpenuhi, keluarga akan menjadi bahagia dan sejahtera. Untuk menjalankan fungsi dan tugas tersebut agar berjalan lancar harus ada pembicaraan mengenai apa saja yang terjadi di keluarga apakah ada yang melanggar aturan atau tidak. Untuk membuat suasana pembicaraan keluarga semakin hangat anda perlu teman mengobrol salah satunya adalah teh Sariwangi. Sariwangi sudah dipakai puluhan tahun sebagai penghangat hubungan keluarga demi menciptakan pengertian keluarga seutuhnya.

Share