Cara Atasi Anak Menginjak Pubertas Dalam Konsultasi Kesehatan Anak

Cara Atasi Anak Menginjak Pubertas Dalam Konsultasi Kesehatan Anak

Sebagai orangtua yang baru saja menginjak level berikutnya yaitu level dalam menghadapi anak yang baru saja pubertas memang sulit-sulit gampang. Meski begitu, banyak orangtua yang salah mengambil tindakan ketika berada di level ini. Menurut para ahli konsultasi kesehatan anak dan psikolog, orangtua sering menganggap remeh permasalahan anak yang baru menginjak masa pubertas. Padahal level ini termasuk dalam level tersulit dalam level menjadi orangtua. Ada banyak tantangan yang dihadapi sang anak serta orangtua secara bersamaan. Nah, apa saja yang sebaiknya dilakukan ketika anak menginjak pubertas? Ini dia:

  1. Konsep Bermain Layangan

Tantangan yang dihadapi anak pubertas biasanya mengacu pada pergaulan. Terkadang orangtua mengambil tindakan ‘mengekang’ anak untuk melindungi anak dari pergaulan yang salah. Tindakan mengekang adalah tindakan yang salah. Yang sebaiknya dilakukan adalah menerapkan konsep bermain layangan. Contohnya, beri izin dan ketika anak meminta jatah untuk bermain dengan teman-temannya lebih lama tetapi beri juga batasan.

  1. Memahami Situasi

Sebagai orangtua yang jauh lebih berpengalaman sering menjadikan orangtua kurang memahami situasi anak. Mood dan hormon anak yang baru pubertas sangat mudah berubah. Membuat anak sering menolak untuk diatur khususnya mengenai hal-hal kecil. Terkadang itu membuat masalah kecil berubah menjadi besar yang malah membuat anak semakin menjadi malas dekat-dekat dengan orangtua. Sesuai saran konsultasi kesehatan anak yang sering dibagikan, orangtua harus mau belajar memahami situasi. Bisa saja anak sedang kasmaran, patah hati, bertengkar dengan seseorang, atau lain-lain.

  1. Cari Tahu Pelan-Pelan

Jangan pernah melakukan judging terhadap anak. Misalnya saja Anda menilai anak sedang berteman dengan anak-anak yang tidak baik. Atau tiba-tiba melarang anak bermain dengan si C. Coba cari tahu pelan-pelan bagaimana pergaulan mereka. Apa saja yang sering mereka lakukan. Judging akan membuat anak menganggap orangtua adalah mahluk sok tahu. Tidak  mau, kan?

Untuk bisa menghadapi anak yang menginjak pubertas lebih dalam, Anda bisa bertanya pada Konsula sebagai wadah konsultasi kesehatan anak yang praktis.

Share