Mencerdaskan Anak Melalui Cerita Dongeng Anak

Mencerdaskan Anak Melalui Cerita Dongeng Anak

Mencerdaskan Anak Melalui Cerita Dongeng Anak

Tipskeluarga.net – Zaman sekarang sudah jarang bagi orang tua membaca dongeng untuk anak. Di saat waktu tidur maupun si waktu bersama keluarga. Disebabkan kesibukan orang tua dalam bekerja dan mencari nafkah sehingga lupa untuk berinteraksi dengan anaknya. Bahkan seperti untuk yang satu ini yaitu membacakan cerita dongeng anak. Di waktu senggang orang tua memilih untuk beristirahat daripada memilih berinteraksi dengan anak-anaknya atau sekedar berdongeng tentang pendekar, kerajaan maupun putri atau pangeran kerajaan. Alasannya adalah capek bekerja seminggu penuh. Padahal dongeng adalah salah satu bentuk interaksi dan komunikasi bagi anak dan orang tua nya sehingga terjalin hubungan yang baik antara anak dan orang tua. Tapi zaman sekarang anak cenderung lebih dihadapkan dengan tv yang menyajikan film- film kartun, dan yang sangat memprihatikan adalah film sinetron yang tidak mendidik.

Dongeng merupakan cerita fiksi atau cerita yang diambil dari kehidupan nyata seseorang. Dongeng bisa bercerita tentang kehidupan binatang, tumbuhan ataupun makhluk hidup lainnya. Terkadang menceritakan benda mati. Dongeng seperti itu biasanya diciptakan dari imajinasi atau khayalan si pencipta dongeng. Dan kemudian diceritakan ke orang lain dan diteruskan dari generasi ke generasi. Kisah dongeng bisa membuat si pendengar terbawa ke dunia imajinasi tergantung penyampaian si pendongeng. Dongeng bisa digunakan sebagai sarana untuk mencerdaskan anak. Dongeng bisa menstimulasi otak anak sehingga merangsang otak anak untuk berimajinasi. Selain itu, membacakan cerita dongeng bisa mencerdaskan dari sisi emosional anak. Pada cerita dongeng anak terdapat banyak sekali nilai-nilai yang dapat diambil sebagai pelajaran hidup. Sehingga anak akan mulai belajar untuk memilih hal-hal yang positif.

Membacakan cerita dongeng kepada anak juga bisa membangkitkan minat membaca anak. Membaca buku merupakan hal yang sangat sulit untuk dilakukan oleh beberapa orang. Oleh karena itu, perkenalkan manfaat membaca buku melalui cerita dongeng anak sejak dini. Membaca dongeng bisa dilakukan dengan santai seperti mau tidur atau saat bercengkrama dengan orang tua sembari menikmati kehangatan Sariwangi. Sehingga menambah ikatan emosional antara orang tua dan anaknya.

Baca juga: Cerita Motivasi Hidup Bisa datang Dari Manapun dan Siapapun

 

Share