Jenis Anggota Keluarga

Jenis Anggota Keluarga

Keluarga diartikan sebagai dua atau lebih individu yang hidup dalam satu rumah tangga yang disebabkan memiliki hubungan darah, perkawinan, atau adopsi. Mereka saling berinteraksi satu dengan yang lainnya. selain itu, individu – individu yang hidup dalam lingkungan keluarga pun memiliki peranan masing – masing untuk menciptakan dan mempertahankan suatu kebudayaan. Keluarga sebagai suatu kumpulan manusia yang hidup bersama dalam sebuah sistem rumah tangga di masyarakat umumnya dipimpin oleh seorang kepala keluarga. Adanya istilah keluarga ini bertujuan untuk menciptakan, mempertahankan budaya, dan meningkatkan perkembangan fisik, mental, emosional, serta sosial dari setiap anggota keluarga. Hal – hal tersebut merupakan beberapa materi dalam pengertian keluarga yang seringkali disimak.

Keluarga berdasarkan bentuknya dibagi menjadi beberapa bentuk, yaitu berdasarkan garis keturunan, jenis perkawinan, permukiman, jenis anggota keluarga, dan kekuasaan. Salah satu di antaranya berdasarkan jenis anggota keluarga. Pertama, keluarga inti merupakan keluarga yang terdiri atas ayah, ibu, dan anak – anak. Kedua, keluarga besar adalah keluarga inti ditambah dengan sanak saudara. Ketiga, keluarga berantai merupakan keluarga yang terdiri atas wanita dan pria yang menikah lebih dari satu kali dan merupakan satu keluarga inti. Keempat, keluarga duda atau janda adalah keluarga yang terjadi karena perceraian atau kematian. Kelima, keluarga berkomposisi adalah keluarga yang perkawinannya berpoligami dan hidup bersama – sama. Keenam, keluarga kabitas adalah dua orang yang terjadi tanpa pernikahan tetapi membentuk suatu keluarga.

Pengertian keluarga sebagai dua atau lebih individu yang hidup dalam satu rumah tangga yang disebabkan memiliki hubungan darah, perkawinan, atau adopsi. Mereka saling berinteraksi satu dengan yang lainnya. selain itu, individu – individu yang hidup dalam lingkungan keluarga pun memiliki peranan masing – masing untuk menciptakan dan mempertahankan suatu kebudayaan. Keluarga berdasarkan bentuknya dibagi menjadi beberapa bentuk, yaitu berdasarkan garis keturunan, jenis perkawinan, permukiman, jenis anggota keluarga, dan kekuasaan. Salah satu di antaranya berdasarkan jenis anggota keluarga, yaitu adanya keluarga inti, keluarga besar, keluarga berantai, keluarha duda atau janda, keluarga berkomposisi, dan keluarga kabitas.

Baca Juga : Agar Piknik Keluarga Menjadi Lebih Mengasyikkan

 

Share