Manfaat & Contoh Cerita Dongeng Untuk Anak

Manfaat & Contoh Cerita Dongeng Untuk Anak

Dongeng sebelum tidur pasti selalu di tujukan untuk anak-anak kecil. Namun, saat ini orang tua sudah jarang sekali membacakan dongeng untuk anaknya karena kesibukan kerja dan pekerjaan rumah tangganya. Bunda, ternyata membacakan cerita dongeng untuk anak memiliki banyak sekali manfaat. Manfaat paling utama yaitu untuk tumbuh kembang si anak. Dongeng-dongeng anak yang sering dibacakan seperti dongeng klasik ‘Kancil mencuri timun’, ‘Bawang Merah dan Bawang Putih’, dan berbagai dongeng klasik lainnya. Membacakan dongeng anak sebelum tidur, dipercaya bisa meningkatkan dan membantu perkembangan si anak. Misalnya saja yaitu bisa meningkatkan perkembangan mendengarkan anak. Dengan di perdengarkan cerita-cerita dongeng sebelum tidur, akan melatih pendengaran si buah hati. Karena suara dari Bunda bisa merangsang indra pendengaran anak lebih intensif.

Selain meningkatkan indra pendengaran, membaca cerita dongeng anak sebelum tidur bisa menambah kosakata anak. Anak akan mulai belajar menghafal dan mengetahui kosakata selain dari percakapan sehari-hari antara ibu dan anak juga melalui mendengarkan cerita-cerita dongeng yang diperdengarkannya sebelum tidur. Manfaat lainnya membacakan dongeng sebelum tidur yaitu bisa merangsang otak si kecil untuk berimajinasi. Saat si kecil mendengar cerita, otak akan merespon dengan memberikan suatu gambaran-gambaran mengenai situasi maupun tokoh yang ada di cerita tersebut. Sehingga otak anak akan terstimulasi yang membuat anak berimajinasi. Anak yang memiliki imajinasi yang cukup baik biasanya memiliki otak yang cerdas serta membuat si kecil menjadi lebih kreatif. Anak yang kreatif cenderung memiliki potensi yang lebih dalam berbagai hal.

Membacakan cerita-cerita dongeng kepada anak juga bisa meningkatkan minat membaca si anak. Pepatah mengatakan bahwa dengan membaca buku berarti membuka cakrawala dunia. Anak yang memiliki minat baca yang tinggi biasanya akan memiliki pengalaman serta wawasan yang luas. Oleh karena itu, membacakan cerita dongeng anak memiliki berbagai manfaat yang bisa menunjang tumbuh kembang si anak. Memberikan dongeng kepada anak juga bisa menjadi salah satu bentuk motivasi orang tua kepada si anak. Membacakan dongeng kepada anak sembari menikmati secangkir teh Sariwangi bisa menjadi rekomendasi selain membacakannya sebelum tidur. Selain bisa menambah kehangatan juga bisa menambah keakraban Bunda dengan si kecil.

Contoh Cerita Dongeng Anak

Kisah Petani Yang Baik Hati

petani yang baik hati

Di satu desa, hiduplah seseorang petani yang telah tua. Petani ini hidup seseorang diri serta begitu miskin, bajunya penuh dengan tambalan serta tempat tinggalnya terbuat dari gubuk kayu. Musim dingin telah tiba, pak petani tak miliki makanan, juga tak memiliki kayu bakar untuk menghangatkan diri. Hari itu pak petani akan pergi ke pasar untuk mencari pekerjaan. Saat keluar dari tempat tinggal, diliatnya ada sebutir telur tergeletak di atas tanah bersalju. Dengan hati-hati dipungutnya telur itu serta dibawanya kedalam tempat tinggal.

Pak petani menyelimuti telur itu dengan kain lusuh serta menempatkannya didalam kardus supaya tetaplah hangat. Kemudian dia pergi ke pasar untuk bekerja. Pak petani bikin telur itu jadi hangat sehari-hari hingga telur itu menetas. Nyatanya telur itu yaitu telur burung camar. Mungkin saja induknya menjatuhkannya saat akan geser ke tempat yang lebih hangat. Pak petani menjaga burung camar kecil itu dengan penuh kasih sayang. Dia senantiasa membagi tiap-tiap makanan yang diperolehnya dari bekerja di pasar. Saat mesti meninggalkan burung camar itu sendirian, pak petani bakal menempatkannya didalam kardus serta menyalakan perapian supaya burung camar tetaplah hangat.

Hari-hari berlalu, burung camar kecil tumbuh makin besar. Pak petani sadar, burung camar ini tak selama-lamanya bakal tinggal berbarengan dianya. Dengan berlinang air mata, pak petani melepas burung camar itu supaya pergi ke selatan, ke tempat yang hangat.

Dan mau tau kelanjutannya? Baca terus artikel kami selanjutnya ya.

Share