Bagaimana Cara Hidup Hemat di Zaman Modern?

Bagaimana Cara Hidup Hemat di Zaman Modern?

Di zaman yang modern saat ini, memang kita dituntut hemat. Kebutuhan hidup yang semakin mahal, membuat kita dituntut lebih bekerja ekstra keras untuk bisa memiliki kehidupan yang mapan. Terlebih jika pekerjaan anda mengharuskan untuk merantau disuatu tempat, tentunya anda pasti akan diwajibkan untuk lebih berhemat. Berhemat bukan berarti pelit, melainkan mengefisiensi kebutuhan sekarang demi agar dapat menikmati hasil melimpah dimasa yang akan datang. Lalu bagaimana cara menghemat yang baik? Simaklah beberapa tip dibawah ini.

  1. Relokasikan 30% penghasilan untuk ditabung.

Cara yang paling ampuh untuk hidup lebih hemat diantaranya ialah gemar menabung. Mengapa kok demikian? Dengan merelokasikan 30% dana dari penghasilan untuk ditabung, dari besaran sisanya pasti anda akan berfikir dua kali untuk membelanjakan secara bijak. Terapkan kebiasaan menabung sejak dini dan nikmati hasilnya untuk kehidupan anda berikutnya.

  1. Rubah hidup glamor anda.

Di zaman yang modern ini memang banyak orang yang menerapkan hidup glamor. Padahal kehidupan yang seperti ini hanya akan menyesatkan kehidupan anda dikemudian hari. Jangan malu untuk merubah kebiasaan ini, cobalah untuk hidup lebih sederhana agar keuangan dikemudian hari anda lebih baik.

  1. Jangan remehkan keberadaan uang receh.

Ketika memiliki banyak uang, kita mungkin terkesan meremehkan keberadaan uang recehan. Padahal uang receh tersebut jika dikumpulkan dapat menjadi besar nominalnya, bahkan bisa menjadi salah satu penyelamat ketika diakhir bulan keuangan kita mulai menipis.

  1. Jagalah kesehatan anda baik-baik.

Untuk bisa selalu menjalankan program hidup hemat, anda diharapkan selalu menjaga kesehatan tubuh. Mengapa demikian? Jelas saja ketika anda sakit, pasti anda akan menggunakan jasa dokter untuk menyembuhkannya. Dengan menggunakan jasa dokter inilah, tentunya membuat anda perlu mengeluarkan dana lebih.

  1. Tumbuhkan niat dan disiplin diri.

Dari ke empat poin diatas, semuanya akan menjadi gagal jika anda tidak memiliki niat dan disiplin diri dalam menjalaninya. Pikirkan hidup anda baik-baik untuk kedepannya, sebab sekarang ini kehidupan anda tergantung dengan pemikiran anda sendiri dan bukan menjadi tanggung jawab orang tua lagi.

Share