Pencegahan Diare Menurut WHO Hindari Sumber Masalahnya

Pencegahan Diare Menurut WHO Hindari Sumber Masalahnya

Diare mungkin bukan jenis penyakit sangat mematikan yang belum ada obatnya seperti AIDS atau kanker, namun juga bukan penyakit yang mudah menular seperti virus flu burung, namun juga tak memungkiri bahwa kematian yang disebabkan penyakit ini juga cukup besar, beberapa abad yang lalu, bahkan meskipun sudah banyak obat yang ditawarkan, masih banyak pula orang yang sering menderita penyakit ini, tak bisa dipungkiri jika lembaga kesehatan dunia bahkan memberikan langkah pencegahan diare menurut WHO.

Siapa yang menyangka bahwa ternyata diare ini tergolong sebagai penyakit yang juga sangat diwaspadai, umumnya diare ini sering kali mewabah pada korban bencana alam banjir, mereka yang pernah dilanda banjir biasanya tak hanya mengalami masalah kesehatan pada kulit seperti gatal-gatal saja melainkan juga beberapa jenis penyakit seperti diare. Pencegahan penyakit diare menurut WHO ini sebenarnya hal yang sederhana hanya dengan memperhatikan kebersihan lingkungan dan apa yang Anda konsumsi, pastikan kebersihannya. Nah sebenarnya ada beberapa faktor yang memang sering kali memunculkan masalah diare ini, diantaranya adalah:

  1. Konsumsi makanan yang kotor, tercemar bakteri yang memang menjadi penyebab penyakit diare, kondisi lingkungan yang kotor adalah tempat yang paling tepat terhadap pertumbuhan berbagai jenis kuman penyebab penyakit, termasuk diantaranya adalah diare, umumnya ia bisa menjangkiti manusia dari perantara makanan yang dikonsumsi.
  2. Air yang tidak matang, mungkin dari luarnya nampak sangat bersih, namun Anda tak tau ada kuman berbahaya apa saja yang ada di dalamnya, nah salah satu langkah membuatnya higienis adalah dengan memasaknya atau air isi ulang yang memang sudah melalui serangkaian penyaringan.
  3. Penularan dari penderita, fesses penderita penyakit diare, memiliki potensi besar terhadap persebaran kuman penyebabnya juga, untuk itu perlu berhati-hati saat melakukan kontak dengan orang yang terjangkit.

Pencegahan diare menurut WHO paling utama adalah dengan sering cuci tangan, sebelum atau sesudah melakukan aktifitas, ini adalah langkah tepat bagi Anda di dalam memutus rantai penyebaran penyakit, gunakan sabun antiseptik semacam Lifebuoy juga, tak hanya membersihkan dari luar, namun juga membunuh kuman penyebab penyakit.

Share