Penyebab penyakit diare

Penyebab penyakit diare

Saat ini angka penderita penyakit diare sudah cukup banyak dan cukup meningkat dari tahun ketahunnya. Di Indonesia sendiri, penyakit ini menjadi pembunuh nomor satu bagi anak-anak yang berusia dibawah 5 tahun atau balita. Akan tetapi, kebanyakan orang meremehkan atau menyepelekan penyakit ini karena dapat sembuh secara alami dalam kurun waktu 4 hari hingga 1 minggu. Akan tetapi, penyembuhan secara alami tersebut hanya terjadi pada orang-orang yang memiliki sistem kekebalan atau daya tahan tubuh yang kuat. Selain itu, mereka juga telah mengganti kebiasaannya yang sebelumnya kurang sehat menjadi sehat atau baik. Sedangkan pada balita atau anak-anak, mereka masih memiliki sistem daya tahan tubuh yang belum terbentuk sempurna sehingga proses penyembuhan alami akan semakin sulit untuk terjadi. Selain itu, ketika seseorang terserang diare, maka ia berpotensi besar akan mengalami dehidrasi yang cukup parah, karena penyakit ini dapat menguras cairan dari dalam tubuh dengan cukup cepat dan hal ini dapat membahayakan nyawa penderitanya.  Selain itu, penyakit ini juga sebenarnya cukup berbahaya bagi orang dewasa. Oleh karena itu, kita semua wajib mengetahui penyebab penyakit ini.

Dengan kita mengetahui penyebab penyakit diare, tentunya kita akan dapat melakukan langkah pencegahan sehingga mengurangi resiko terserang penyakit ini. Berikut ini adalah beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan munculnya penyakit diare.

  1. Karena infeksi
    Kondisi ini sangat seringkali dijumpai pada kasus-kasus diare yang terjadi di berbagai belahan dunia. Faktor utama yang menyebabkan infeksi adalah mikroorganisme, seperti virus, bakteri, jamur, dan parasit.
  1. Makanan dan minuman
    Kedua hal tersebut memang sangat penting untuk diperhatikan karena kedua hal itu mengandung mikroorganisme yang dapat menyebabkan diare, terutama pada daging mentah dan air yang belum dimasak. Selain itu, makana dan minuman yang tidak terjamin kebersihannya juga berpotensi untuk menyebabkan diare. Namun, terdapat juga orang yang alergi terhadap makanan tertentu sehingga hal tersebut dapat menyebabkan reaksi alergi berupa diare.

Itulah beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan diare pada seseorang. Kemudian untuk langkah pencegahan agar tidak terserang diare cukup mudah, yaitu anda kita hanya perlu melakukan kebiasaan yang sehat, seperti contoh yang paling simpel adalah cuci tangan sebelum makan menggunakan sabun anti kuman Lifebuoy Total 10.

Share