Penyebab Utama Dari Penyakit Diabetes Melitus

Penyebab Utama Dari Penyakit Diabetes Melitus

Gejala penyakit diabetes melitus – Diabetes merupakan penyakit jangka panjang yang ditandai dengan kadar gula darah yang diatas normal. Semua sel yang terdapat didalam tubuh manusia membutuhkan glukosa agar dapat berfungsi dengan normal dan kadar gula dalam darah biasanya dikendalikan oleh hormon insulin. Apabila tubuh kekurangan insulin atau sel-sel tubuh menjadi resisten terhadap insulin, kadar gula darah akan meningkat drastis akibat penumpukan. Inilah yang terjadi saat seseorang menderita penyakit diabetes melitus.

Penyakit diabetes melitus ini terbagi atas dua tipe yaitu diabetes tipe 1 dan tipe 2. Penderita diabetes tipe 1 sangat bergantung pada insulin. Tipe 1 ini terkadang dikenal dengan istilah diabetes remaja, karena biasanya menyerang pasien di bawah usia 40 tahun terutama diusia remaja. Organ pankreas dalam tubuh penderita diabetes tipe 1 tidak memproduksi insulun sehingga penderita harus menerima suntikan insulin setiap hari. Insulin sangan penting karena memiliki fungsi mengendalikan kadar gula dalam darah. Apabila kadar gula dalam tubuh terlalu tinggi dapat mengakibatkan kerusakan serius pada organ-organ tubuh. Selain suntikan insulin, pendertita diabetes 1 juga harus menjaga kadar gula darahnya agar tetap seimbang, seperti dengan pola makan yang sehar, berolahraga secara teratur dan melakukan tes darah secara rutin.

Pada umumnya gejala penyakit diabetes melitus yang akan diderita seseorang seperti sering merasa haus, sering buang air kecil (terutama pada malam hari), sering merasa lelah, berkurangnya massa otot dan juga penurunan berat badan yang cukup drastis. Diabetes ini tidak dapat disembuhkan, akan tetapi hanya dapat dikontrol saja. Perlunya diagnsisi diabetes sejak dini sangat penting agar pengobatan dapat segera dilakukan.

Dengan pendeteksian sejak dini, kadar gula penderita diabetes dapat dikendalikan. Apabila telah dirasakan gejala penyakit diabetes melitus pada tubuh, segera lakukan pengobatan seperti dengan mengurangi konsumsi gula tiap hari. Meskipun demikian anda tetap dapat menikmati rasa manis dengan menambahkan tropoicana pada makanan maupun minuman yang akan anda konsumsi agar anda tetap dapat menikmati rasa manis tanpa khawatir gula darah meningkatkat.

Share