Peran Orang Tua Dalam Memahami Psikologi Anak

Peran Orang Tua Dalam Memahami Psikologi Anak

Orang tua mempunyai peran yang sangat penting di dalam memahami psikologi anak. Dengan orang tua yang berinisiatif untuk berperan langsung id dalam memberikan pendekatan dalam hal mendidik anak, akan membuat anak akan lebih yakin dan berani untuk mengahadapi semua tantangan belajar.

Hal tersebut dikarenakan pada masa perkembangan seorang anak akan memiliki sifat ketergantungan yaitu yang lebih spesifiknya masih belum ingin jauh – jauh dari orang tua. Seperti pada saat perkembangan usia 6 tahun, maka anak baru bisa biasa mulai akan memiliki jarak dengan orang tua, karena mungkin tempat tidur yang dipisah atau karena hal – hal yang lainnya. Kondisi seperti ini sebagai orang tua harus lebih memahami dan melakukan pendekatan secara emosional yang lebih intim lagi, meskipun dengan pemisahan – pemisahan yang telah dilakukan namun tetap kejiwaan tetap harus terkait erat.

Peran orang tua dalam memahami psikologi perkembangan anak memang sangat dibutuhkan. Anda harus lebih banyak belajar mengenai cara menjadi orang tua yang selalu diinginkan kehadirannya. Karena diluaran sana banyak anak yang enggan berbicara dengan orang tuanya atau bercengkrama dengan ornag tuanya karena perkembangan psikologi anak tersebut mengalami keterbelakangan. Maksud dari keterbelakangan ini adalah ketakutan anak terhadap tuntutan – tuntutan yang diberikan oleh orang tua.

Padahal sebenarnya orang tua tidak dibenarkan untuk melakukan penuntutan yang berlebihan yang dapat membuat anak menjadi tajut dan akhirnya menjaga jarak dengan orang tua, mulai tidak jujur, tidak komunikatif, lebih senang menyendiri hingga mejadi autis. Perkembangan mengenai psikologi anak sebenarnya telah lama ada, akan tetapi karena oran tua di Indonesia yang memiliki tingkat pendidikan perguruan tinggi yang masih minim, membuatnya tidak mengetahui cara membangun karakter atau psikologi perkembangan anaknya.

Perkembangan zaman yang kian semakin modern ini membuat tidak adanya alasan orang untuk tidak mengetahui sesuatu yang belum diketahuinya. Karena telah banyak media yang dapat digunakan sebagai cara untuk melakukan suatu hal. Pengetahuan mengenai perkembangan psikologi anak tidak hanya untuk para ibu saja, seorang ayah pun juga harus tahu bagaimana cara memahami psikologi anak.

Share