4 Tips Merencanakan Field Trip untuk Edukasi Anak

4 Tips Merencanakan Field Trip untuk Edukasi Anak

Meski komunitas homeschooling Indonesia belum sebesar di luar negeri, tapi sudah cukup banyak orangtua yang merasakan bagaimana sistem ini memberikan keuntungan bagi kemudahan belajar anak. Salah satu keuntungan yang sangat dirasakan bagi anak-anak yang dididik dengan sistem homeschooling adalah kebebasan melakukan pelajaran di luar ruangan. Baik yang sederhana seperti belajar di halaman rumah, atau bahkan sampai yang lebih jauh lagi, seperti perjalanan wisata.

Hal yang menyenangkan jika Anda melakukan field trip atau perjalanan wisata bersama anak sebagai bagian dari homeschooling adalah Anda bisa memilih waktu low season, sehingga banyak tempat wisata yang tak seramai musim liburan. Ini bisa memberikan Anda kesempatan untuk memberikan kepada anak pengalaman homeschooling terbaik Indonesia. Supaya perjalanan ini bisa berjalan lancar dan memberikan manfaat nyata pada anak, Anda harus merencanakannya dulu.

Ini yang harus Anda lakukan untuk memastikan bahwa field trip bersama anak memberikan hasil yang diinginkan:

  1. Tentukan tema field trip

Apa yang menjadi tema bagi perjalanan wisata ini? Apa yang Anda harapkan anak bisa dapatkan setelahnya? Tentukan dulu temanya seperti perkebunan, astronomi, lingkungan hidup, dll.

  1. Tentukan tujuan

Setelah Anda menentukan tema bersama-sama dengan anak, tentukan kemana tujuan wisata Anda tersebut. Hal yang jelas adalah, Anda harus membuat rencana yang matang sehingga semua tempat yang dikunjungi memang mendidik dan mampu dikunjungi dalam waktu terbatas.

  1. Peralatan

Tentukan alat apa saja yang diperlukan agar proses belajar saat wisata nanti bisa berjalan dengan lancar. Ini juga termasuk obat-obatan dan peralatan traveling lainnya.

  1. Menetapkan tugas

Rencanakan tugas macam apa yang harus dilakukan anak setelah dia mengunjungi tempat-tempat wisata edukasi tersebut. Adaptasi sesuai dengan tempat tujuan dan bahan yang didapatkan.

Tentu saja, Anda juga tak boleh melupakan perhitungan biaya seperti transportasi, makan, akomodasi, dan lain sebagainya. Lakukan perencanaan ini jauh-jauh hari sebelumnya, hubungkan dengan bab yang sedang dipelajari anak, dengan memperkirakan dari kurikulum yang Anda punya. Jika perlu bantuan atau konsultasi, Anda juga bisa menghubungi dulu komunitas pendidikan homeschooling Indonesia seperti Primagama, untuk merembukkan rencana wisata.

Share