Gejala Tipes dan Potensi Komplikasinya

Gejala Tipes dan Potensi Komplikasinya

Memasuki musim hujan seperti sekarang ini beragam jenis penyakit sangat rentan menyerang manusia, diantaranya adalah masalah yang berhubungan dengan pencernaan. Mengingat adanya genangan air kotor menyebabkan persebaran penyakit jauh lebih cepat. Beberapa jenis yang bisa dengan mudah menyerang Anda adalah tipes, tentunya banyak yang sudah tak asing dengan penyakit ini, gejala tipes umumnya berkenaan dengan pencernaan seperti diare hingga sembelit, namun kasusnya berbeda dengan diare bahkan dampaknya bisa jauh lebih parah.

Gejala penyakit tipes yang umum dan bisa dengan mudah Anda kenali selain dari masalah pencernaan adalah demam yang tak kunjung turun disertai dengan penurunan nafsu makan dari waktu ke waktu, tubuh tak lagi bisa menerima makanan dari luar, jika tak segera diobati ternyata tipes ini memiliki potensi terjadinya komplikasi dengan masalah yang lainnya, seperti:

  1. Pendarahan pada usus, kebanyakan penderita tipes yang sudah memasuki minggu ke tiga namun tak kunjung sembuh maka bakteri penyebabnya akan terus menyerang usus halus, dalam beberapa saat usus akan mengalami lubang-lubang kecil dan mengeluarkan darah, inilah sebabnya fases yang ikut terbuat juga akan bercampur dengan darah.
  2. Miokarditis, komplikasi paling parah lainnya apabila sudah menyerang pada organ jantung, miokarditis ini sendiri merupakan sebuah keadaan dimana otot jantung mengalami peradangan ringan hingga parah yang ditandai dengan sesak nafas dan nyeri yang berlebihan pada bagian dada penderita tipes. Jika tak segera diatasi tentunya berpotensi merusak jantung Anda.
  3. Radang paru-paru, selain peradangan yang terjadi pada jantung beberapa organ dalam lainnya juga memiliki potensi untuk terkena peradangan, seperti paru-paru bahkan ginjal. Inilah yang menyebabkan penyakit tipes dikategorikan sangat berbahaya.

Jadi jangan remehkan gejala tipes yang sudah terasa, sebaiknya Anda segera membawa penderita ke rumah sakit untuk diberikan pengobatan secara maksimal. Akan jauh lebih baik juga bagi Anda untuk melakukan pencegahan dini agar penyakit ini tak sampai menyerang tubuh, yaitu dengan memperhatikan pola makan dan kebersihan makanan yang akan dikonsumsi.

Share