Stimulasi Bayi Sederhana untuk Mencerdaskan Bayi

Stimulasi Bayi Sederhana untuk Mencerdaskan Bayi

Tahap perkembangan bayi dipengaruhi oleh asupan asi saat bayi baru lahir, asupan makanan dan juga stimulasi bayi yang diberikan oleh Ibu. Stimulus ini dapat dilakukan dengan memijat badan bayi dan beberapa kegiatan sederhana lainnya yang biasa bayi lakukan sehari-hari seperti tengkurap, mengangkat kepala, berbicara dan berjalan.

stimulasi bayi yang dapat Ibu lakukan ada berbagai macam dan tidak saja terbatas dengan memijat bayi. Beberapa cara stimulus yang dapat Ibu berikan salah satunya adalah:

  1. Saat Ibu menengkurapkan bayi beri mainan berwarna-warni pada bayi anda, agar bayi menggunakan tangannya untuk mencoba menggapai mainan di depannya. Kegiatan ini akan menatimulus bayi untuk bergerak dan meneliti sekitarnya.
  2. Mengangkat kepala. Saat mengangkat kepala bayi akan belajar untuk menyeimbangkan diri. Ibu dapat mengajak bermain seperti menggulingkan badan bersama bola atau menaruh anak di atas bola untuk menguatkan otot penyangga kepala, dan bahu.
  3. Memekik gembira. Ajak bermain bayi anda hingga dia memekik kegirangan atau tertawa. Cara ini juga dapat menstimulus otak bayi agar lebih berkembang.
  4. Coba dengan menaruh mainan bayi agak lebih jauh di depannya, saat si kecil mulai bergerak menuju mainannya dia akan menggerakan lutut dan kakinya, Ibu juga bisa merangkak di sebelahnya untuk mengajari bayi bergerak.
  5. Baringkan bayi anda di tempat tidur, lalu angkat tangan bayi anda dan tarik secara perlahan-lahan hingga bayi duduk, perlahan-lahan tidurkan kembali bayi anda.
  6. Mengenal anggota keluarga. Ibu bisa mulai mengajarkan si bayi tentang anggota keluarganya seperti dengan menunjukan foto ayah dan Ibunya serta saudara kandung yang dia miliki seperti kakak atau adik.

Kegiatan stimulasi bayi tersebut dapat anda lakukan pada bayi yang sudah menginjak umur lima bulan lebih, untuk bayi yang baru lahir atau kurang dari lima bulan Ibu dapat menstimulusnya dengan pijatan-pijatan ringan saat mandi dengan menggunakan Zwitsal bayi yang dIbuat khusus sehingga cocok untuk kulit bayi yang masih sensitif.

Share