Ini Dia Alasan Mengapa Banyak Orang Tua Memilih Homeschooling

Ini Dia Alasan Mengapa Banyak Orang Tua Memilih Homeschooling

Terlalu padatnya jam belajar yang berada di sekolah hingga tugas yang diberikan dari guru memang membuat anak merasa tertekan dan jenuh. Belum lagi tentang model sekolah yang mempunyai standar internasional sehingga dapat memaksa orang tua untuk membayar mahal biaya pendidikan secara formal. Bila Anda sudah mulai galau tentang hal ini, Anda dapat mencoba homeschooling. Sekarang ini sudah banyak sekali homeschooling Indonesia dengan berbagai macam kelebihan yang di tawarkan.

Memilih salah satu homeschooling terbaik Indonesia tentu sebuah perkara yang mudah. bila Anda memindahkan anak menggunakan sistem seperti homeschooling tentu mereka lebih bebas untuk menikmati proses belajar tanpa diharuskan tertekan dengan berbagai macam target pencapaian kompetensi dan juga kurikulum. Mereka akan diberi kesempatan untuk mempelajari materi dengan cara langsung dan tidak terbatas pada teori melainkan pada observasi, evaluasi dan diskusi. Bentuk pembelajaran dengan cara observasi juga tidak perlu memakan biaya yang sangat mahal, hal ini dapat dilakukan di dalam rumah.

Sebenarnya pembelajaran yang tidak otoriter seperti ini bisa melejitkan potensi dari anak. Mengapa dapat seperti itu? Keluarga yang lebih memilih sistem homeschooling akan bisa melibatkan orang tua untuk menangani pembelajaran anaknya, dari sini kedekatan anak dan juga orang tua dapat terjalin, orang tua akan leluasa untuk menanamkan pendidikan moral untuk sang anak, menyampaikan berbagai macam ide kreatif yang sesuai dengan perkembangan anak. Sementara itu untuk lingkungan keluarga juga salah satu lingkungan sosial yang sangat baik untuk belajar.

Dengan belajar di rumah dan dalam pengawasan orang tua, orang tua dapat menghindarkan anak dari pengaruh buruk lingkungan contohnya seperti kekerasan fisik atau seksual hingga tawuran antar pelajar. Selama di dalam masa pergaulan banyak sekali anak yang terjebak di dalam identitas teman, mereka harus mempunyai gadget yang sesuai seperti teman yang lain. Berbeda jika anak belajar menggunakan homeschooling. Mereka akan lebih mendalami jati diri mereka sendiri. Oleh sebab itu lebih baik pilih homeschooling Indonesia seperti homeschooling Primagama Bandung.

Share