Tips Memilih Preschool untuk Buah Hati

Tips Memilih Preschool untuk Buah Hati

Masa kanak-kanak merupakan masa pertumbuhan dan pembentukan diri anak sebagai fondasi ketika anak tumbuh dewasa. Salah satu cara atau solusi yang dilakukan oleh orang tua adalah dengan memasukkan anak ke preschool misalnya ke international preschool atau ke PAUD yang letaknya berada di dekat dengan lingkungan Anda. Agar anak dapat berkembang secara maksimal misalnya memiliki kemampuan stimulasi yang baik, Anda harus memilih preschool yang tepat bagi anak Anda.

Tips untuk memilih preschool baik preschool taraf internasional ataupun preschool lokal, diantaranya yaitu, pertama, pastikan Anda mengetahui mengenali sekolahan untuk pendidikan dini tersebut. Tidak hanya fasilitas yang diberikan kepada anak Anda namun juga kurikulum atau cara pengajaran yang diterapkan di tempat tersebut, apakah sesuai dengan pendidikan anak, cocok bagi anak sehingga Anda sebagai orang tua tidak perlu untuk merasa khawatir ketika menitipkan anak Anda di preschool tersebut.

Kedua adalah perhatikan masalah lingkungan baik di sekolahan ataupun di sekitar dari preschool tersebut. Lingkungan yang baik yaitu dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi anak Anda untuk bersekolah di pendidikan anak usia dini tersebut. Ketiga, pertimbangkan mengenai jumlah guru dan jumlah siswa yang ada di preschool tersebut. Idealnya, seorang guru untuk 5 orang siswa namun jika lebih, pertimbangkan masalah kemampuan guru tersebut dalam mengatasi siswanya.

Keempat adalah pertimbangkan masalah jarak yang ditempuh dari rumah ke preschool. Sebaiknya pilih yang tidak terlalu jauh karena dapat mempengaruhi mood anak untuk melakukan aktivitas misalnya karena kecapaian. Kelima adalah pertimbangkan masalah biaya. Lakukan perbandingan antara biaya yang harus dikeluarkan dengan fasilitas yang diberikan termasuk untuk international preschool yang memiliki biaya yang tidak sedikit. Dalam pemilihan preschool atau PAUD, Anda dapat berdiskusi dengan suami atau istri Anda atau meminta pendapat dari keluarga Anda terutama yang memiliki pengalaman dalam menyekolahkan anak di preschool sehingga dapat memilih tempat yang baik untuk anak. Hal terpenting adalah anak merasa nyaman untuk berada di preschool tersebut sehingga akan membawa pengaruh positif bagi kehidupan anak tersebut.

Share