Teknik Dasar Permainan Bola Basket Yang Benar

Teknik Dasar Permainan Bola Basket Yang Benar

Olahraga yang satu ini banyak digemari oleh sebagian masyarakat luas terlebih di negara asalnya Amerika, olahraga tersebut merupakan olahraga yang populer dibandingkan dengan olah raga lainnya yang ada di negara tersebut. Setiap olah raga apapun tentunya kita harus menguasai teknik, skill dan lain sebagainya yang ada kaitannya dengan olah raga yang kita mainkan serta dalam menjalankannya kita tidak asal main saja serta tidak asal-asalan. Teknik permainan bola basket ini harus dipelajari dan dipraktekkan sebisa mungkin agar skill dalam permainan akan lebih terasah sehingga akan berdampak pada permainan bola keranjang ini lebih asyik di lihat dan dimainkan. Teknik-teknik tersebut harus pemain kuasai sepenuhnya karena ini merupakan sebuah teknik dasar yang wajib dikuasai setiap pemain tersebut.

Lalu apa saja teknik permainan bola basket yang harus dipelajari oleh setiap pemain bola basket tersebut? Teknik dasar yang harus dikuasai pemain adalah passing dan catching. Passing adalah mengoper sedangkan catching adalah menangkap. Setiap pemain dituntut untuk menguasai kedua teknik dasar tersebut, apalagi kita sebagai pemula maka teknik dasar ini sangat wajib dikuasai dalam mengoper bola ke teman atau sebaliknya kita menangkap operan bola dari teman. Jika Teknik ini dapat dikuasai dengan benar maka permainan dalam bola basket akan lebih maksimal. Dalam passing tersebut terbagi lagi ke dalam beberapa bagian, yaitu,

Berikut ini beberapa hal bagian dari passing, dibawah ini tepatnya:

1. Chest pass

chest pass permainan bola basket

Chest pass pada umum terdapat pada permainan bola basket dan akan digunakan juga yang paling dalam permainan. Untuk mengajarkan chest pass operan bola setinggi dada ini biasa dilakukan dalam bermain bola basket, caranya adalah mengoper bola diawali dengan memegang bola tepat di depan dada kemudian bola di lempar lurus menggunakan telapak tangan ke arah luar.

2. Bounce pass

Bounce pass

Bounce pass ini sangat berguna untuk pemain yang lebih kecil dalam situasi permainan. Posisi awal untuk bounce pass dapat dilakukan dengan menahan setinggi dada dengan menggunakan kedua tangan. Operan ini di mulai dengan mengoper bola di depan dada kemudian bola dipantulkan ke lantai tiga per empat jarak pantulnya dari pengoper bola.

3. Overhead pass

overhead pass

Operan ini dilakukan dengan posisi kedua tangan di atas kepala dan penerima bola juga dalam menangkap bola posisi tangan juga harus berada di atas kepala.

Itulah tiga diantaranya teknik dasar dalam bermain basket yang wajib anda kuasai jika anda hobi dalam olah raga bola basket.

Share