Pengertian dan Fungsi Keluarga

Pengertian dan Fungsi Keluarga

Pengertian dan Fungsi Keluarga – Setiap orang pasti mendambakan agar dapat memiliki sebuah keluarga. bersama keluarga anda dapat mencapai segala harapan dan kebahagiaan. Keluarga tempat kita bernaung dan berkumpul bersama. Keluarga adalah alasan seseorang untuk bekerja keras. Keluarga juga dapat menjadi sandaran anda dalam berbagi baik suka maupun duka. Meskipun sebenarnya kita tidak mengetahui pengertian keluarga, namun yang kita ketahui tentunya keluarga adalah hal yang paling berharga dalam hidup anda.

Pengertian dan Fungsi Keluarga

Ada banyak pengertian keluarga. Keluarga dapat diartikan sebagai satuan terkecil dalam masyarakat.  Keluarga  terdiri dari ayah, ibu, dan anak – anaknya. Selain itu keluarga juga dapat diartikan sekumpulan orang yang memiliki ikatan baik perkawinan, kelahiran, atau bisa juga karena adopsi, yang bertujuan untuk menciptakan perkembangan anggotanya baik secara mental, fisik, emosional, maupun sosial.  Keluarga juga dapat diarikan sebagai sekumpulan orang yang tinggal dalam tempat yang sama dan memiliki hubungan darah, atau perkawinan.

Dalam sebuah keluaga setiap anggota keluarga memiliki peran dan tugas masing – masing. Ayah berperan sebagai kepala keluarga. sebagai kepala keluarga, ayah memiliki tugas untuk memimpin keluarga, melindungi keluarga, dan memberikan nafkah kepada keluarga, dan lain – lain. Seorang ibu memiliki peran sebagai kepala rumah tangga. Tugas ibu adalah menyediakan segala macam keperluan rumah, mendidik anak – anaknya, dan mematuhi kepala keluarga. Sedangkan anak menjalankan perannya dalam keluarga sesuai dengan tingkat perkembangannya.  Anak memiliki tugas untuk senantiasa patuh dan taat kepada orang tuanya Selain itu, anak juga harus membantu tugas – tugas orang tua di rumah, seperti membantu mengerjakan pekerjaan rumah.

Baca juga : Fungsi Keluarga dan Perhatian Ibu

Keluarga memiliki berbagai macam fungsi. Secara biologis keluarga memiliki fungsi untuk meneruskan keturunan, memelihara dan membesarkan anak, memberi makanan dan memenuhi kebutuhan gizi keluarga, merawat dan melindungi kesehatan para anggotanya. Secara psikologis, keluarga memberikan identitas bagi seseorang dan memberikan perlindungan secara psikologis. Secara sosial keluarga berfungsi untuk meneruskn nilai – nilai budaya. Selain itu, keluarga juga memiliki fungsi pendidikan, sebagai tempat penanaman keterampilan, tingkah laku dan pengalaman dalam hubungan dengan fungsi yang lain.

Share