Kasih Sayang Ayah Penting Dalam Pertumbuhan Anak

Kasih Sayang Ayah Penting Dalam Pertumbuhan Anak

Pertumbuhan anak-anak tidak melulu soal gizi atau nutrisi. Pertumbuhan fisik dan otak, haruslah diimbangi dengan pertumbuhan mental. Banyak orangtua tak menyadari bahwa anak-anak tidak hanya memerlukan sosok ibu dalam tumbuh kembang mereka. Anak juga memerlukan kehadiran sosok ayah dalam tumbuh kembang.

Sosok ibu biasanya melambangkan kehangatan dan kelembutan. Sedangkan peran ayah lebih pada pemberi rasa nyaman dan figur yang dihormati. Keberadaan ayah membuat anak merasakan sosok yang berwibawa, tegas, sekaligus penuh kasih sayang. Posisi ayah dalam tumbuh kembang anak dipercaya bisa meningkatkan kepercayaan diri dan rasa tanggung jawab. Anak di masa yang akan datang. Posisi ayah sebagai kepala rumah tangga yang mengayomi keluarga akan mencari role model untuk anak-anak. Selain itu, kejiwaan anak menjadi lebih stabil dengan adanya kehadiran dan kasih sayang ayah dalam perkembangan mereka.

Dengan kata lain kasih sayang ayah dalam perkembangan anak-anak sama pentingnya dengan peran ibu. Ayah mungkin tidak bisa sebanyak ibu dalam mengalokasikan waktu dengan anak-anak. Tapi tetap harus ada da satu atau dua hari dalam sepekan, ayah harus menghabiskan waktu dengan anak-anak, misalnya dengan melakukan kegiatan olahraga atau piknik bersama.Kegiatan yang terlihat sepele bagi orang dewasa tapi sangat berarti bagi anak-anak. Kekosongan peran ayah dalam tumbuh kembang anak akan melahirkan rasa minder dan bukan tidak mungkin anak jadi pribadi yang lebih tertutup.

Share