Tips Menyiapkan Anak Masuk Dunia Sekolah

Tips Menyiapkan Anak Masuk Dunia Sekolah

Mempersiapkan mental anak dalam menghadapi perubahan baru memasuki masa awal di international preschool memang sangat penting. Anak-anak sebelum mengenal dunia pendidikan dan sekolah akan menghabiskan waktu panjang di rumah bersama orangtuanya. Perubahan yang mendadak terhadap lingkungan tersebut bisa memberikan dampak yang tidak begitu bagus bagi psikologi anak. Ada baiknya jika orangtua benar-benar mempersiapkan anak dengan baik untuk lebih siap menghadapi lingkungan sekolah.

Tips Menyiapkan Anak Masuk Sekolah

Perubahan lingkungan yang terjadi setiap harinya saat anak sudah masuk ke preschool taraf internasional bisa membuat anak pusing. Maka berikut kiat mempersiapkan anak menikmati masa perkenalannya dengan sekolah :

1. Menjelaskan Akan Perubahan Rutinitas Hariannya

Anak-anak akan menyukai setiap pembicaraan asyik dan seru bersama orangtuanya, ketika hal ini terbentuk secara alami. Maka masukkan pengertian kepada anak akan dunia baru di dunia sekolah yang akan dihadapinya beberapa saat lagi. Berikan pemahaman bahwa anak sudah tidak boleh lagi bersantai dan bermain saja namun akan perlu waktu belajar.

2. Memperkenalkan Rutinitas Sekolah Kepada Anak

Ajak anak menjelang hari pertamanya masuk sekolah untuk mendatangi sekolah barunya, sehingga mengenal lingkungan sekolah seperti apa. Kenalkan bentuk rutinitas yang akan dilakukan semisal bangun pagi, mengenakan seragam, belajar, dan berinteraksi dengan gurunya. Hal ini cukup membantu menyiapkan mental anak untuk lebih paham dan menikmati rutinitas barunya karena sudah tidak kaget lagi. Ajarkan anak juga dengan jam bermainnya yang akan berkurang karena akan ada jam tertentu dimana sebaiknya digunakan untuk belajar.

3. Menceritakan Berbagai Hal Menarik di Dunia Sekolah

Sekolah memberikan anak sebuah ilmu dengan metode yang lebih formal, semakin tinggi jenjang pendidikannya maka akan semakin serius. Meski begitu tetap saja akan ada banyak hal menarik yang menjadikan masa sekolah sebagai masa yang indah dan tidak terlupakan. Kenalkan berbagai cerita menarik yang bisa saja Anda alami saat masih sekolah dulu. Bisa dari akan bertambahnya teman bermain, bisa meraih cita-cita segera, dan lain sebagainya. Pilihkan international preschool untuk kebutuhan pendidikan putra-putri Anda yang memang berkualitas.

Share