Tips Cerdas Memilih Universitas Yang Tepat

Tips Cerdas Memilih Universitas Yang Tepat

Para murid SMA saat ini mungkin tengah dibuat bingung ingin melanjutkan pendidikan kemana, mengingat masa perkuliahan menjadi bagian yang sangat penting dalam menentukan pekerjaan apa yang nantinya akan menjadi bidang Anda. Tentunya pemilihan jurusan harus benar-benar diperhatikan. Nyatanya kebingungan tersebut tak hanya sebatas pemilihan jurusan saja, melainkan juga bagaimana cara masuk universitas idaman mereka, mengingat untuk tembus ke PTN persaingan sangat ketat dan umumnya mereka hanya menyediakan beberapa kursi untuk tiap angkatan. Tetapi hal tersebut bukan masalah besar, mengingat masih banyak perguruan tinggi swasta terbaik yang nyatanya mau menampung kamu.

Tak tembus pada PTN bukan akhir dunia, tak jarang perguruan swasta paling bagus yang akreditasinya terkadang mengungguli PTN. Nah bagi kamu yang tengah dalam masa galau memikirkan masa depan, berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebelum masuk memutuskan pilihan universitas, yaitu :

  • Lihat passion terlebih dahulu, passion jauh berbeda dengan jurusan, jika kamu berasal dari saint, namun pada kenyataannya lebih atau cenderung ahli di bidang social tak ada salahnya memilih program yang sesuai dengan minat tersebut.
  • Lihat apakah ada jurusan dan fakultas yang ingin kamu jadikan sebagai pilihan, perguruan tinggi besar belum tentu menyediakan semua jenis jurusan, mengingat terkadang mereka memiliki keterbatasan dalam hal bidang yang diajarkan, seperti misalnya institut yang fokus pada satu bidang tertentu atau mungkin universitas yang jauh lebih umum.
  • Bagaimana akreditasi jurusan tersebut saat ini, melihat akreditasi jurusan juga sangat penting, mengingat nantinya saat kamu memutuskan untuk melamar kerja akreditasi juga menjadi pertimbangan perusahaan sebelum menerima, minimal B.
  • Jangan lupa lihat biaya, tiap universitas memiliki kebijakan sendiri-sendiri terhadap pengenaan biaya, ada yang menggunakan sistem UKT atau yang lebih dikenal dengan uang kuliah tunggal dan sistem DPP langsung, dari beberapa yang masuk favorit kamu pikirkan juga biaya yang harus dikeluarkan.

Itulah trik cerdas agar mendapatkan jurusan kuliah yang sesuai dengan kamu. Sekali lagi jangan hanya terpaku pada nama PTN dan PTS karena banyak sekali perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia.

Share