Cara Merawat Rambut Bayi Supaya Tetap Bersih dan Sehat

Cara Merawat Rambut Bayi Supaya Tetap Bersih dan Sehat

Faktor genetika atau bawaan merupakan penyebab kenapa bayi ketika dilahirkan dengan kondisi rambut tebal, tipis atau bahkan gundul. Semua orang tua tentu menginginkan rambut tebal ketika bayi dilahirkan. Tapi anda jangan khawatir jika bayi lahir dengan rambut yang tipis. Yang terpenting adalah bagaimana cara menjaga rambut bayi agar tetap sehat dan terawat.

Meskipun factor keturunan berpengaruh besar mengenai tipis atau lebatnya rambut bayi, tapi tetap semuanya ada solusi untuk mengatasinya. Jika ternyata benar rambut si kecil tipis, anda bisa membuatnya menjadi tebal. Kulit kepala bayi masih tergolong sensitive, jadi anda memerlukan bahan-bahan alami untuk menebalkannya, contohnya dengan menggunakan lidah buaya, seledri, kemiri dan lain sebagainya.

Namun selain itu, jangan lupa juga untuk rutin merawat kesehatan rambutnya. Karena rasanya percuma jika rambut yang dimiliki si kecil lebat ketika dilahirkan, tapi tidak ada perawatan secara khusus kedepannya akan rusak juga. Cara untuk merawatnya yaitu bisa dengan mencucinya sebanyak dua tau tiga kai dalam seminggu. Rambut bayi tidak mudah kotor jadi jangan terlalu sering dikeramasi, karena jika terlalu sering kemungkinan bisa menyebabkan kulit kepalanya menjadi kering dan akibatnya akan menimbulkan banyak masalah di rambutnya.

Gunakanlah sambun biasa jika rambutnya tidak lebat, shampoo rasanya tidak perlu untuk kondisi bayi dengan rambut yang tipis. Setelah mencapai 3 bulan, baru bisa menggunakan shampoo khusus bayi. Sebelum mengkramasiya, sebaiknya anda pastikan rambutnya rapih. karena jika kusut kemudian dikeramasi bayi bisa kesakitan. Dalam proses keramas, lakukan pijatan halus tanpa tekanan yang terlalu kuat.

Share