Mengenal Istilah Dalam Permainan Bola Basket

Mengenal Istilah Dalam Permainan Bola Basket

Mengenal istilah dalam permainan bola basket dalam hal penting sebelum ingin belajar atau ingin menjadi profesional dalam bermain bola basket. Seperti aturan-aturan dasar menjadi salah satu faktor utama dalam hal ini.

Permainan olahraga yang menggunakan bola jumlahnya sangat banyak, dan jenis bolanya juga bermacam-macam. Salah satu permainan bola yang banyak diminati, terutama oleh para remaja pria adalah basket. Permainan dengan bola bundar berwarna orange itu memang termasuk salah satu olahraga yang populer.

Permainan bola basket seru untuk ditonton, tapi lebih seru lagi jika dimainkan. Sebelum kita mencoba bermain basket, sebaiknya kita mengenal dahulu istilah dalam basket agar permainan kita menjadi lancar. Istilah dalam basket cukup banyak jumlahnya, salah satunya adalah dribble yang berarti membawa bola dengan memantulkannya ke lantai. Selain itu ada juga shot yang berarti menembakkan bola ke ring untuk mendapatkan angka.

Nah, untuk mengetahui istilah-istilah lain dari permainan bola basket, yuk kita simak dibawah:

1. Shot clock

Shot clock yaitu waktu untuk menyerang sebelum bola menyentuh ring, 24 detik untuk NBA dan 30 detik untuk FIBA.

2. Blok shot

Yang kedua adalah blok shot atau memblok tembakan lawan.

3. Rebound

Rebound yaitu pemain menangkap bola pantul dari tembakan yang gagal. Istilah dalam permainan bola basket lainnya adalah steal, yaitu mencuri bola saat lawan melakukan dribble.

4. Intercept

Intercept yaitu mencuri bola namun dengan memotong passing lawan.

5. Passing

Passing sendiri yaitu mengoper bola pada rekan tim.

6. Assist

Assist yaitu mengoper bola pada rekan dan sang rekan itu langsung menembakkan bola tanpa melakukan dribble.

7. Free throw

Free throw yaitu tembakan bebas akibat pelanggaran pada saat shot atau karena team foul mencapai 5.

8. Three seconds violation

Three seconds violation yaitu pelanggaran di area tembakan bebas selama 3 detik. Foul out, kartu merah setalah 5 kali foul.

9. Back door

Back door yaitu menyerang dengan membalik badan kearah yang berlawanan. Man to man marking yaitu strategi defense 1 lawan 1.

10. Zone defense

Zone defense yaitu petahanan dengan sistem area 1-2-2, 2-1-2, 1-3-1, 2-3 atau 3-2. Full press defense 1 lawan 1 mulai dari garis pertahanan dan slamdunk memasukan bola dengan tangan menyentuh besi ring. Setelah memahami istilah dalam permainan bola basket tentunya memudahkan anda bermain basket. Namun akan semakin mudah jika anda mengkonsumsi L-Men yang kaya akan nutrisi dan protein, bisa berupa susu, air mineral maupun snack bar yang akan membakar lemak dan juga membentuk otot anda yang berguna dalam basket.

Share