Ciri-Ciri Gejala Tipes yang Harus Anda Waspadahi

Ciri-Ciri Gejala Tipes yang Harus Anda Waspadahi

Di musim pancaroba yang seperti ini tak dipungkiri membuat orang rentang akan terkena penyakit. Penyakit yang menjadi salah satu langganan diantaranya adalah tipes. Lalu bagaimana cara mengidentifikasi sesorang yang terkena tipes? Berikut gejala-gejalanya

  1. Mengalami demam/ panas yang tak pasti.
    Semua penyakit yang menyerang manusia memang kerap diawali dengan demam tinggi. Namun untuk penyakit tipes suhu panas tubuhnya akan mengalami naik turun dan tak pasti. Biasa suhu tubuh penderita akan mengalami kenaikkan jika mereka sedikit aktif dalam menggerakkan tubuhnya.
  1. Perut terasa sakit, mual, dan muntah.
    Sebagian besar penderita tipes pasti akan mengalami nyeri perut, mual, dan terkadang mengalami muntah. Hal ini dikarenakan usus besar mengalami infeksi yang disebabkan oleh bakteri salmonellan typhi. Gejala ini memang mirip dengan penyakit maag, namun untuk penyakit tipes rasa nyerinya lebih ke perut bagian kiri.
  1. Napsu makan berkurang.
    Penderita tipes pada umumnya mengalami fase dimana napsu makan mereka akan berkurang. Bila sudah begini membuat berat badan penderita akan mengami penurunan secara drastis. Untuk mengatasi masalah ini sebaiknya penderita segera di bawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut.
  1. Pola BAB mengalami perubahan.
    Umumnya orang yang mengalami sakit tipes akan mengalami perubahan pola BAB. Terkadang mengalami diare yang sulit dihentikan dan kadang tidak keluar sama sekali. Dengan kondisi yang seperti ini tak jarang membuat penderita kerap mengeluhkan sakit perut bagian kiri dan mengeluhkan lemas karena keseringan BAB.
  1. Lidah mengalami perubahan menjadi putih.
    Setiap orang yang sedang sakit pasti mengeluhkan lidahnya terasa pahit. Namun bagi penderita penyakit tipes biasa disertai dengan perubahan warna lidah bagian tengan menjadi keputih-putihan dan untuk bagian tepi lidah berwarna kemerahan. Selain itu bagian bibir juga akan mengalami pecah-pecah seperti terkena panas dalam.

Itulah beberapa ciri-ciri gejala tipes yang harus anda waspadahi mengingat penyakit ini juga bisa menyebabkan kematian bagi penderitanya. Agar terhindar dari penyakit tipes, sebaiknya tingkatkan kebersihan diri serta keluarga dan terapkan pula cuci tangan sebelum makan menggunakan sabun anti kuman Lifebuoy

 

 

Share