3 Cara Mengelola dan Manajemen Keuangan Keluarga yang Bisa Anda Tiru

3 Cara Mengelola dan Manajemen Keuangan Keluarga yang Bisa Anda Tiru

Sedang mencari cara mengelola dan manajemen keuangan keluarga? Bingung bagaimanacaranya bisa mengatur dan me-manage keuangan keluarga anda? Jangan khawatir. Ada beragam cara yang bisa anda lakukan agar keuangan keluarga anda bisa teratur. Namun dari sekian banyak cara yang ada, hanya beberapa saja yang bisa anda tiru dan praktikkan. Berikut 3 diantaranya.

Tabungan terpisah

Cara mengelola dan manajemen keuangan keluarga yang bisa dengan mudah anda tiru adalah dengan memiliki tabungan terpisah. Buatlah rekening khusus tabungan. Jadi tabungan khusus ini tidak anda gunakan kecuali dalam keadaan mendesak atau saat anda benar benar membutuhkannya. Dengan cara memiliki tabungan terpisah tersebut nantinya keuangan keluarga anda jadi lebih teratur, karena anda sudah menyisihkan sebagian penghasilan anda untuk kebutuhan mendesak.

Kebutuhan mendesak yang dimaksud disini bisa terdiri dari biaya kelahiran anak, biaya sekolah dan kesehatan. Semua biaya tersebut akan terasa lebih ringan jika anda jauh jauh hari sudah mempersiapkan dananya. Karenanya sebisa mungkin sisihkan sebagian dari pendapatan anda untuk biaya tersebut dengan cara memiliki tabungan terpisah.

Asuransi

Selain tabungan terpisah, asuransi bisa jadi salah satu cara mengelola dan manajemen keuangan keluarga anda. Apalagi saat ini ada beragam tipe asuransi yang bisa anda ikuti yang tidak hanya terbatas pada asuransi pendidikan dan kesehatan. Dengan mendaftar asuransi tersebut tentunya bisa membantu meringankan masalah biaya yang harus anda keluarkan nantinya. Selain itu, uang anda juga bisa dikelola dengan baik karena anda menyerahkan pengelolaannya pada perusahaan asuransi.

Investasi

Selain kedua cara tersebut, ada satu cara lagi yang bisa anda coba yaitu investasi. Sama halnya dengan asuransi, produk investasi juga banyak variasinya. Agar uang anda bisa terkelola dengan baik, pastikan anda mengetahui seluk beluk investasi yang anda pilih. Misalnya, anda tertarik untuk berinvestasi emas, maka pastikan anda tahu prospeknya beberapa tahun kedepan. Apalagi jika tujuan investasi anda jangka panjang, maka prospek dari produk investasi yang anda pilih haruslah bagus. Atau untuk pilihan investasi terbaik sekaligus cara mengelola dan mengatur keuangan keluarga, anda bisa menyerahkannya pada Futuready.

Share