Resep kue lebaran untuk keluarga

Resep kue lebaran untuk keluarga

Lebaran merupakan hari raya bagi penganut agama islam, biasanya mereka melakukan tradisi yang telah ada sejak dahulu kala, yaitu tradisi bersilaturahmi kerumah-rumah tetangga sekitar dan berkumpul bersama keluarga besar. Disaat sedang berkunjung di rumah tetangga pasti setiap rumah yang disinggahi menyediakan aneka makanan dan minuman ringan pada ruang tamu. Makanan yang disediakan seperti kueh kering, kueh basah, roti kaleng, minuman bersoda, dan masih banyak lagi sesuai dengan keinginan sang tuan rumah. Jenis makanan yang paling wajib ada disetiap rumah adalah kueh kering. Mengapa karena selain pembuatannya yang mudah dan sangat digemari oleh segala lapisan masyarakat. Oleh sebab itu pada kesempatan kali ini saya akan membagikan informasi mengenai resep kue lebaran untuk keluarga.

Sebelum beranjak ke resep, sebelumnya perlu anda ketahui bahwasanya kueh kering memiliki banyak jenis dan varian yang berbeda-beda, akan tetapi pada kesempatan kali ini saya menyajikan informasi mengenai resep kueh kering kacang. Untuk membuat kueh kering kacang ini pertama-tama anda harus menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan, seperti 500gram kacang tanah yang telah dikupas dari kulitnya, 4 buah kuning telur, 400gram gula halus, 800gram tepung terigu, dan juga blueband 350gram, 1 sdm garam.

Cara pembuatannya, mula-mula tumbuk kacang tanah yang sebelumnya dikupas dari kulit, selnajutnya campurkan tepung terigu,gula halus, blueband, dan juga kacang tanah yang telah dihaluskan kemudian aduk hingga adonan menjadi rata, setelah itu sebaiknya adonan didiamkan selama 30menit sebelum dicetak, setelah itu baru adonan dicetak, dalam proses pencetakan anda bisa memilih bentuk apa saja sesuai keinginan anda, kemudian jangan lupa mengolesi bagian atas adonan yang sudah dicetak tadi menggunakan kuning telure, selanjutnya panggang adonan menggunakan oven, sebaiknya api nya sedang saj agar kue matang hingga intinya, jangan lupa mengecek adonan, jika warna adonan sudah berubah menjadi kekuningan, artinya adonan sudah matang. Bila adonan sudah matang, maka anda angkat dan biarkan sejenak hingga menjadi dingin agar memudahkan anda untuk melepaskan kue dari loyangnya. Setelah itu kueh siap dinikmati.

Demikian yang bisa saya bagikan mengenai resep kue lebaran untuk keluarga, silahkan mencobanya dirumah semoga bermanfaat.

Share