Mengenal Penyebab Penyakit Batuk

Mengenal Penyebab Penyakit Batuk

Kesehatan merupakan nikmat terbesar dari Allah swt sebagai modal untuk melakukan berbagai aktivitas yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan sehari-hari. Tubuh manusia dianugerahi sistem pertahanan untuk melawan berbagai gangguan dari luar diri manusia. Seperti batuk, meskipun batuk termasuk ke dalam jenis penyakit, namun ternyata batuk merupakan respons alami yang dilakukan tubuh untuk membersihkan lendir atau faktor lain penyebab iritasi seperti debu atau asap agar semuanya keluar dari saluran pernapasan manusia. Batuk biasanya akan sembuh dalam waktu tiga minggu dan tidak membutuhkan pengobatan. Sebagai langkah pencegahan dari datangnya penyebab penyakit batuk adalah anda harus membiasakan perilaku hidup bersih seperti rajin mencuci tangan pakai sabun agar kotoran dari luar tidak berpindah pada organ lain dalam tubuh kita seperti saluran pernapasan.

Meskipun batuk tidak memerlukan pengobatan, namun anda bisa meringankannya dengan membuat ramuan buatan sendiri seperti air madu dicampurkan dengan lemon. Adapun jenis-jenis dari batuk meliputi batuk kering dan batuk berdahak. Batuk kering ditandai dengan adanya rasa gatal yang dapat memicu batuk. Batuk kering umumnya terjadi saat tenggorokan dan saluran pernapasan bagian atas tengah mengalami peradangan. Otak kita menganggap peradangan di tenggorokan dan saluran pernapasan atas sebagai kondisi tidak lazim dan merespons-nya dengan batuk. Maka pilek dan flu bisa menjadi penyebab penyakit batuk. Jenis batuk berdahak, semakin sering anda batuk maka hal tersebut dapat membantu mengeluarkan dahak dari saluran paru-paru.

Jika batuk terjadi lebih dari tiga minggu akibat infeksi virus atau jika batuk yang diderita bertambah parah, maka anda harus segera berkonsultasi kepada dokter. Begitupun saat anda mengalami sulit bernapas, sakit dada, dan batuk berdarah, maka anda wajib untuk segera berkonsultasi ke dokter.

Batuk yang menimpa anak-anak jika dibiarkan bisa menimbulkan indikasi adanya infeksi saluran pernapasan lebih serius. Jika anak mengalami batuk yang semakin parah juga harus segera di bawa ke dokter. Hal yang harus diwaspadai dari batuk pada anak adalah gejala batuk rejan. Adapun gejala batuk rejan seperti adanya suara lengkingan di setiap tarikan napas dalam-dalam setelah batuk, batuk terus menerus dan intens mengeluarkan dahak kental, kelelahan dan wajah memerah karena batuk terus menerus, dan batuk yang menyebabkan muntah pada bayi dan anak-anak.

Sumber: http://www.lifebuoy.co.id/healthmap/health-news/gaya-hidup-sehat-jauhkan-penyebab-penyakit-sehatkan-jiwa-dan-raga

 

Share