Tips Memandikan Bayi Baru Lahir Bagi Calon Ibu

Tips Memandikan Bayi Baru Lahir Bagi Calon Ibu

Calon ibu berbahagialah karena anda akan memiliki bayi yang lucu. Namun siap-siap juga akan dibuat repot olehnya. Memiliki bayi tentu saja mendapat tanggungjawab baru. Anda akan disibukkan oleh buah hati anda setiap harinya. Mulai dari memandikan, menyuapi, menyusui, mennganti popok, dsb. Namun meskipun melelahkan menjaga seorang bayi, anda akan mendapatkan kebahagiaan berlipat. Bayi meskipun belum bisa melakukan apapun tapi tingkahnya sangat lucu dan menggemaskan. Ibu tidak akan pernah bosan menjaga bayinya setiap hari. Meski tak jarang bangun di tengah malam akibat bayi menangis dan membuat lelah. Salah satu hal sulit yaitu cara memandikan bayi baru lahir karena tubuh bayi yang renta.

Bayi pada dasarnya adalah buah hati yang mana lahir akibat hasil dari buah cinta orang tuanya. Merawat bayi tentunya harus didasarkan kasih sayang dengan tulus serta kelembutan. Bayi yang sangat rentan itu harus dirawat dengan penuh kasih sayang. Anda sebagai ibu akan paham dengan sendirinya dan memahami keinginan bayi anda, karena ibu cenderung memiliki ikatan batin yang kuat dengan bayinya. Anda akan tahu kapan bayi anda ingin menyususi, kapan bayi anda merasa kurang sehat, atau kapan bayi anda gerah karena ngompol. Tanpa perlu belajar perasaan itu akan tumbuh dengan sendirinya. Memandikan bayi baru lahir juga harus penuh kelembutan dan kehati-hatian.

Anda sebagai calon ibu apalagi baru anak pertama, akan bingung bagaimana merawat bayi. Merawat bayi memang tidak mudah. Untuk memandikan bayi anda perlu tahu beberapa tipsnya yaitu memandikan bayi baru lahir harus dengan air yang hangat. Hal ini untuk menjaga suhu tubuh bayi agar tidak kedinginan. Kemudian memandikan bayi baru lahir menggunakan bak mandi bayi khusus yang telah disediakan. Gunakan handuk dengan bulu yang halus agar tidak melukai kulit bayi. Juga gunakan sabun mandi khusus bayi seperti Switzal yang sangat lembut di kulit bayi, juga tidak pedih dimata jika terkena mata bayi. Produk khusus bayi akan jauh lebih aman digunakan.

Share