Mari Mengenal Gejala Penyakit Kanker Usus

Mari Mengenal Gejala Penyakit Kanker Usus

Masalah pencernaan seringkali dianggap ringan dan sepele oleh sebagian besar orang. Cukup mengonsumsi obat anti sembelit atau obat anti diare, maka masalah pencernaan rasanya sudah selesai diatasi. Padahal, masalah pencernaan yang berlarut-larut justru harus diwaspadai dan dicermati. Sebab, Anda perlu khawatir jika masalah pencernaan tersebut adalah gejala penyakit kanker usus.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan timbulnya penyakit kanker usus. Salah satunya adalah penelitian mengenai konsumsi daging merah (seperti daging sapi dan daging kambing) yang dipercaya meningkatkan risiko kanker usus. Hal ini diyakini karena haem, senyawa alami penyusun warna merah pada daging diduga menjadi salah satu zat karsinogenik (zat pemicu kanker).

Selain harus menjalankan pola makan sehat, Anda juga perlu mempelajari informasi mengenai penyakit kanker usus agar Anda bisa menyikapi masalah pencernaan dengan langkah pengobatan yang efektif. Beberapa gangguan kesehatan dan masalah pencernaan yang dapat menjadi indikasi penyakit kanker usus berikut cara deteksi kanker nya antara lain adalah:

Terjadinya Perdarahan

Perdarahan yang terjadi dari anus biasanya diidentikkan dengan penyakit wasir atau ambeien. Padahal belum tentu perdarahan tersebut berasal dari pecahnya pembuluh darah di sekitar anus. Perdarahan yang berasal dari usus juga memiliki ciri-ciri yang hampir sama dengan perdarahan yang diakibatkan wasir. Perbedaannya terletak pada rasa nyeri di sekitar daerah anus pada penderita penyakit wasir. Sementara perdarahan yang berasal dari organ usus tidak menyebabkan rasa sakit yang hebat pada daerah di sekitar anus.

Wajah Pucat, Lemas dan Anemia

Orang yang sering mengalami perdarahan pencernaan tentu memiliki risiko penyakit anemia yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan orang lain. Anemia atau kondisi kekurangan sel darah merah dapat menyebabkan gangguan kesehatan lainnya seperti rasa lemas, lesu, dan wajah yang tampak pucat.

Penurunan Berat Badan Secara Drastis

Jangan senang dulu jika berat badan Anda mengalami penurunan secara drastis tanpa sebab yang jelas. Sebab, mungkin saja hal tersebut menjadi salah satu gejala penyakit kanker usus. Sel-sel kanker yang menjangkiti organ usus bisa membuat penyerapan nutrisi bagi tubuh tidak berlangsung maksimal, sehingga organ-organ tubuh Anda harus mengambil cadangan energi dan nutrisi yang disimpan oleh tubuh.

Perubahan Pola Buang Air Besar (BAB)

Ada orang yang terbiasa BAB setiap hari, namun ada pula yang terbiasa dengan siklus BAB 2 hingga 3 hari sekali. Bila pola BAB Anda tiba-tiba berubah misalnya membuat Anda mengalami sembelit atau diare secara berkepanjangan, maka hal ini patut Anda waspadai, dan segeralah lakukan cek up kesehatan dengan tim medis.

Mengamati kesehatan tubuh Anda dan orang-orang yang Anda cintai menjadi tindakan tepat yang menjauhkan Anda dari penyakit serius, termasuk penyakit kanker usus. Siapkan diri Anda untuk menjalani pola hidup sehat bersama orang-orang yang Anda cintai, yaitu keluarga.

Share