Tips Menghemat dan Memanajemen energy untuk Skala Rumah Tangga

Tips Menghemat dan Memanajemen energy untuk Skala Rumah Tangga

Seperti yang kita ketahui saat ini sudah banyak sekali manusia yang hidup dengan teknologi yang perlu dihidupkan menggunakan energi. Hal ini tentunya bertujuan untuk mendapatkan kenyamanan dan hal yang serba instan. Hal inilah yang membuat pasokan energi listrik di dunia semakin harus ditambah karena kebutuhan energi listrik. Padahal energy management yang tidak diprosedurkan dengan baik membuat beberapa masalah yang akan menimpa bumi ini. sebagai contoh penggunaan energi listrik untuk menggerakkan energi putar, cahaya, serta sinyal audio maupun video serta beberapa kegunaan energi tersebut.

Setiap orang perlu menanamkan sifat atau prinsip hemat energi. Hal ini dikarenakan tidak selamanya bahan bakar yang digunakan untuk menjalankan suatu mesin untuk menghasilkan energi listrik tersebut dapat ditemukan selamanya. Karena sumber daya fosil seperti batubara suatu saat akan habis dan berakibat tidak adanya lagi pengganti energi listrik untuk menghidupi kebutuhan anda. untuk itulah saya hadirkan beberapa penghematan dalam penggunaan listrik rumah tangga.

  1. Untuk menghemat energi listrik untuk tata udara (AC) anda bisa melakukan beberapa langkah seperti pemilihan AC (air conditioner) yang menggunakan energy dan daya yang sesuai dengan besar ruangan, ssahakan pintu, jendela dan ventilasi udara selalu tertutup agar kelembaban cukup rendah, gunakan timer atau pengaturan waktu agar AC hanya beroperasi ketika dibutuhkan, bersihkan filter AC, coil kondensor dan sirip AC secara teratur agar AC tetap dingin, dan gantilah bahan pendingin yang dipakai (freon) dengan bahan pendingin hemat listrik (hydrocarbon refrigerant), sehingga bisa menurunkan listrik s/d 25% dari AC.
  2. Untuk penghematan energi pada pencahayaan antara lain seerti padamkan lampu di siang hari, padamkan lampu jika ruangan tidak digunakan, tata ruangan anda sebaik mungkin agar pencahayaan dari matahari bisa masuk, nyalakan lampu halaman ata taman bila sudah mulai gelap, dan masih banyak lagi.

Dengan begitu anda bisa menghemat energy dan memulai program energy management dimana anda termasuk salah satu orang yang menyayangi bumi ini.

Share