Kualitas Air Bersih di Indonesia Memprihatinkan

Kualitas Air Bersih di Indonesia Memprihatinkan

Banyak yang menyadari bahwa kualitas air di Indonesia, khususnya diwilayah kota-kota besar seperti jakarta semakin buruk. Daerah resapan air sudah dibangun gedung-gedung perkantoran yang menjulang tinggi. Sungai yang seharusnya menjadi aliran air bersih dan dapat digunakan untuk mencuci dan mandi, kini beralih fungsi menjadi tempat pembuangan sampah dan limbah. Pabrik-pabrik mengalirkan limbahnya ke sungai tanpa adanya kesadaran akan merusak lingkungan dan habitat yang ada dalam air.

Kualitas air yang semakin memburuk tidak hanya terjadi di Indonesia, namun masalah ini juga menimpa beberapa negara bagian di dunia. Masyarakat Indonesia terkesan pasif dengan tercemarnya air di lingkungan mereka. Banyak diantara mereka yang tidak peduli dengan krisis air yang bersih yang menimpa beberapa wilayah di Indonesia. Penggalian sungai untuk mengambil pasir juga mengakibatkan aliran sungai mati.

Banyak faktor yang mengakibatkan kualitas air bersih di Indonesia semakin lama semakin memburuk. Kebiasaan masyarakat yang tidak pernah bersih-bersih selokan dan membuang sampah sembarangan adalah salah satu faktor menurunnya kualitas air. Sungai yang seharusnya dijadikan sebagai aliran air yang dapat dimanfaatkan warga untuk mencukupi kebutuhan hidup dan bercocok tanam sekarang beralih sungai menjadi tempat pembuangan sampah massal. Masyarakat yang berada di bantaran sungai selalu membuang sampah sembarangan yang dapat mencemari sungai, sehingga air tersebut tidak dapat digunakan lagi untuk makan, minum, bahkan untuk pengairan.

Share