keluarga sehat, Tips

Cara Efektif Menjaga Kebersihan Lingkungan

kebersihan lingkungan

Telah diajarkan oleh nenek moyang kita sejak dari dahulu, bahwa dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang besar hendaknya kita menyelesaikannya secara bersama-sama dengan cara bergotong-royong, semboyan gotong-royong ini masuk dalam ideologi atau dasar filsafat Negara Indonesia. Budaya gotong-royong hanya dimiliki oleh Indonesia. Budaya ini sangat baik, karena mengajarkan kita untuk bekerja sama atas satu nama dalam menghadapi atau mengatasi masalah. Begitu juga halnya dengan menjaga kebersihan lingkungan akan lebih terasa mudah dan cepat apabila anda menyelesaikannya secara bergotong-royong dengan warga masyarakat dilingkungan anda.

Di indonesia sendiri terutama di daerah pedesaan, masih sering kita jumpai warga masyarakat yang secara bergotong royong atau bersama-sama tanpa pamrih bahkan tanpa dibayar, secara bersama-sama membersihkan lingkungannya, biasanya mereka membersihkan jalanan desa, sistem irigasi, selokan, mencabuti rumput, dan lain lain. Istilah bersih bersih secara bersama-sama ini dikenal dengan kata Opsih atau Operasi Bersih, tidak jelas sejak dari kapan program ini dilaksanakan, yang jelas seluruh wilayah Indonesia selalu melakukan Opsih setiap hari jum’at, baim itu di lingkungan tempat tinggal, sekolahan, instansi pemerintah, Markas kepolisian, Markas militer, semuanya kompak untuk melaksanakan operasi Bersih setiap hari jumat. Tntu saja hal ini merupakan kebiasaan baik yang harus terus dijaga keberadaannya dan keberlangsungannya, budaya gotong royong merupakan budaya asli Indonesia yang tidak dimiliki bangsa lain.

Akhir-akhir ini budaya gotong royong untuk menjaga kebersihan lingkungan agaknya mulai luntur, terutama di daerah perkotaan. Orang-orang sudah mulai sibuk dengan aktivitasnya masing-masing sehingga tidak sempat untuk menjaga kebersihan di lingkungannya sendiri. Kita tengok saja di daerah perumahan perumahan elit, warga masyarakatnya sudah individualistik, saking individualnya, mereka bahkan tidak mengenal tentangganya sendiri. Sebuah ironi dalam suatu Negara yang sudah dikenal oleh bangsa lain sebagai bangsa yang ramah, sopan, dan mempunyai budaya gotong royong, nyatanya budaya dan kebiasaan tersebut nampaknya sudah mulai luntur, tergerus peradaban. Mari kita jaga kebudayaan yang kita banggakan ini jangan sampai hilang ditelan zaman.

 

Be the First to comment.

Leave a Reply