4 Tips Membuat Anak Lebih Percaya Diri Di Bulan Ramadhan

4 Tips Membuat Anak Lebih Percaya Diri Di Bulan Ramadhan

Sudahkah Anda melakukan tugas Anda sebagai orang tua yang baik? Salah satu tugas penting yang dimiliki orang tua adalah membantu anak-anaknya untuk memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Kenapa kepercayaan diri itu penting? Ini karena kepercayaan diri berkaitan dengan konsep diri seseorang dan merupakan faktor utama dalam keseimbangan sosial dan emosional seseorang. 

Dr. Aisha Hamdan, dilansir dari missionislam.com, memiliki empat tips membangun kepercayaan diri anak. Keempat tips ini bisa juga Anda terapkan di bulan Ramadan dengan harapan hasilnya bisa lebih optimal dan positif. Simak tips-tipsnya berikut ini.

Terima Semua Kelebihan dan Kekurangan Anak Anda

Setiap anak dilahirkan dengan fitrahnya masing-masing. Sebagai orang tua, Anda harus bisa menyadari betapa uniknya anak Anda dengan segala kelebihan, kemampuan, dan keterampilan yang dimilikinya. Di bulan Ramadan ini, Anda bisa kembangkan apa yang paling diminati atau disukai oleh anak Anda. Memaksanya untuk melakukan sesuatu yang tak disukai hanya akan menurunkan kepercayaan dirinya. Tugas orang tua lah untuk mencari cara terbaik meningkatkan bakat alami anaknya.

Berkomunikasi dengan Anak Anda

Sebuah data statistika mengejutkan di Amerika memperlihatkan bahwa rata-rata anak Amerika menghabiskan 1680 menit per minggunya di depan televisi sementara hanya menghabiskan 38,5 menit melakukan percakapan yang bermakna dengan orang tuanya. Berkomunikasilah dengan anak Anda setiap hari. Saat melakukan percakapan, Anda akan memberi kesempatan anak Anda untuk didengar dan ini bisa membangun kepercayaan diri anak Anda. Ketika emosi, ide, dan perasaan anak benar-benar didengar oleh orang tua, anak akan merasa bahwa dirinya berharga dan spesial.

Berikan Tanggung Jawab Sekaligus Kebebasan

Bulan Ramadan adalah saat yang tepat untuk menanamkan nilai-nilai spiritual kepada anak Anda. Berikan pengertian kepada anak Anda bahwa setiap tindakan yang dilakukan, sekecil apapun itu akan mendapat balasan dari Yang Maha Kuasa. Kepercayaan diri yang sehat itu dibangun dengan cara bisa bertanggung jawab atas apa yang dilakukan. Berikan kesempatan anak Anda untuk melakukan sesuatu dan beri penjelasan kira-kira apa yang bisa mereka dapat dari hal yang mereka lakukan tersebut. Anak-anak yang diberi tanggung jawab akan merasa bawah diri mereka berguna, dihargai, dan kompeten.

Cintai Anak Anda dengan Penuh Kasih Sayang

Habiskan waktu Anda bersama anak Anda sebanyak mungkin. Bisa dengan bermain, mengobrol, atau melakukan aktivitas bersama. Di bulan Ramadan ini, Anda bisa coba untuk mengajak anak Anda untuk shalat berjamaah atau membaca Al-Quran bersama. Melakukan kegiatan bersama-sama bisa menjadi cara lain Anda untung mengungkapkan betapa Anda mencintai anak Anda. Jangan lupa untuk memberikan penghargaan atau setidaknya pujian dan kata-kata positif setiap kali anak Anda melakukan sesuatu. Kontak fisik seperti tepukan di bahu dan pelukan juga bisa menunjukkan betapa besarnya kasih sayang Anda pada anak Anda.

Keempat Tips Keluarga di atas hanyalah cara yang singkat untuk bisa membantu Anda meningkatkan kepercayaan diri anak Anda. Anda bisa mengembangkan cara-cara positif yang lain. Saat seorang anak sudah memiliki perasaan positif terhadap diri mereka sendiri, kehidupannya yang akan datang bisa jadi jauh lebih baik lagi.

Share