Mengetahui Kehamilan Dengan Test Pack

alat tes kehamilan

Kehamilan

Kehamilan merupakan saat yang ditunggu-tunggu oleh orang yang telah menikah. Apalagi bagi pasangan yang baru menikah, hadirnya anak pertama dalam keluarga tentu akan semakin melengkapi kebahagiaannya. Jika pada jaman dahulu kehamilan hanya dapat diketahui setelah memeriksakan diri ke bidan atau ke dokter spesialis kandungan, saat  ini di jaman yang serba canggih ini, kehamilan dapat diketahui sendiri dengan melakukan tes kehamilan menggunakan alat tes kehamilan yang disebut test pack.

Alat tes kehamilan ini bekerja dengan cara mendeteksi adanya hormon hCG (human Chorionic Gonadtrophin) pada urine. Hormon hCG sendiri merupakan hormon yang diproduksi oleh plasenta ketika telah terjadi pembuahan dan embrio mulai menempel pada uterus. Keberadaan hCG sendiri  dapat terdeteksi pada hari ke-14 setelah berhubungan intim atau pada 2 hari sebelum masa menstruasi.

Dewasa ini banyak dijual alat tes kehamilan ini dengan berbagai merk dan harga. Masing-masing produk memiliki tingkat akurasi yang berbeda-beda. Di pasaran terdapat 2 jenis test pack, yaitu yang berbentuk strip dan compact. Cara kerja dari kedua alat ini hampir sama, cuma berbeda pada perlakuan urinnya saja. Dimana pada test pack strip dicelupkan pada urin sampai garis batas tertentu, lalu dibaca hasilnya beberapa detik kemudian. Jika pada test pack compact urin langsung diteteskan pada alat, dan hasilnya akan terbaca dalam beberapa detik kemudian. Hasil test pack baik yang bentuk strip maupun yang compact dapat dibaca dengan mudah, yaitu jika positif hamil akan terbentuk 2 garis merah muda. Sedangkan bila negatif hanya akan terbentuk 1 garis merah muda saja.

Share