5 Langkah Sederhana Mencuci Baju di Rumah

cara mencuci baju bekas

cara mencuci baju bekas

Jika baju anda sudah terlihat kusam dan berbau apek, maka sudah waktunya pakaian anda di cuci. Jangan pernah menyimpan pakaian yang sudah anda pakai, karena akan menjadi sarang kuman. Pakaian yang sudah dipakai otomatis akan terkena debu, kotoran, polusi dan lain sebagainya. Maka dari itu jika memang sudah layak untuk dicuci maka sebaiknya cepat-cepat dicuci. Di bawah ini, ada 5 langkah cara mencuci baju bekas di pakai yang bisa anda ikuti:

1. Kumpulkan baju atau celana yang akan dicuci, kemudian masukan ke dalam ember atau baskom. Siram dengan air hangat semalaman, jangan lupa gunakan juga antiseptik untuk membunuh kuman di baju.

2. Setelah semalaman direndam dengan air hangat dan antiseptik. Kemudian bilas hingga bersih, dan setelah itu rendam kembali dengan air dingin dan tambahkan deterjen secukupnya. Pilih deterjen yang bisa menghilangkan noda yang membandel. Rendam selama 1 atau 2 jam.

3. Setelah direndam selama 1 atau 2 jam dengan deterjen. Anda tinggal menguceknya dengan tangan tanpa harus menggosoknya dengan sikat. Karena dengan rendaman deterjen pun sudah melunturkan kotoran pada baju, namun jika anda ingin menggunakan sikat pun bisa.

4. Setelah selesai di gosok, bilas dengan menggunakan air yang mengalir, bilas hingga bersih dan tidak berbusa lagi.

5. Yang terakhir jemur pakaian hingga kering, dan setelah kering bisa langsung di setrika dan jangan lupa menggunakan pewangi agar baju anda tetap wangi ketika di masukan ke dalam lemari.

Cara mencuci baju bekas lebih efektif dilakukan di rumah, karena jika kita menggunakan jasa laundry, belum tentu hasilnya bisa memuaskan.

Share