3 Cara Menyelesaikan Masalah Dengan Keluarga

3 Cara Menyelesaikan Masalah Dengan Keluarga

Punya masalah dengan keluarga khususnya dengan orang tua memang bisa membuat hidup terasa jauh lebih berat untuk dijalani. Lingkungan keluarga seharusnya menjadi lingkungan yang membuat Anda merasa nyaman. Tapi jika sudah ada masalah di lingkungan keluarga, semangat atau motivasi untuk menjalani hidup bisa menurun drastis.

Ketika Anda sedang ada masalah dengan keluarga dan ingin segera menyelesaikannya (tentu saja dengan cara yang baik dan tidak menyakiti siapa pun), Anda bisa coba ikuti tiga cara yang dilansir dari mindbodygreen.com berikut ini. Tiga cara ini juga bisa membantu Anda untuk membangun hubungan yang lebih baik dengan anggota keluarga Anda.

  1. Berdamai dengan Diri Sendiri Terlebih Dahulu 

Daripada hanya terus-terusan menyimpan dan memendam perasaan negatif di dalam diri, cobalah untuk menyelami perasaan negatif itu. Jika perlu Anda bisa mencari bantuan ke sahabat atau orang terdekat Anda lainnya untuk mengurai perasaan negatif yang ada di dalam diri Anda. Carilah akar dari perasaan negatif yang Anda miliki. Ketika Anda sedang memiliki masalah dengan orang tua Anda, cobalah untuk melihat dari kacamata orang tua Anda. Coba cari tahu apa yang sebenarnya mereka inginkan dan kenapa timbul masalah. Tenangkan diri Anda dan berdamailah dengan diri Anda terlebih dahulu, setelah itu cari waktu yang tepat untuk mengomunikasikan semuanya tanpa harus saling menyalahkan.

  1. Buat Kegiatan Baru Bersama 

Cobalah untuk membuat kegiatan baru atau ritual baru bersama keluarga Anda. Misalnya, Anda bisa coba mengatur untuk membuat kegiatan berlibur bersama. Saat sudah bersama-sama dan sedang melakukan kegiatan yang seru bersama, Anda bisa dengan mudah untuk mencari solusi bersama yang Anda miliki dengan keluarga Anda. Jika memang belum memungkinkan untuk mencari waktu untuk berlibur, cobalah buat kebiasaan baru atau melakukan kebiasaan yang selama ini sudah lama tak pernah dilakukan sebelumnya. Salah satu contohnya adalah memasak dan makan malam bersama. Kegiatan bersama bisa menjadi jembatan untuk menuju solusi yang menguntungkan kedua belah pihak dan tak ada lagi yang namanya saling menyalahkan.

  1. Berpikir Lebih Realistis 

Semakin kita tumbuh dewasa, masalah-masalah baru pasti akan bermunculan, termasuk masalah yang ada dalam keluarga. Kita mungkin tak bisa memaksakan diri agar bisa hidup dengan sempurna atau hidup yang bebas masalah. Masalah itu ada untuk membuat kita tumbuh agar menjadi pribadi yang lebih matang dan bijak. Ada kalanya kita harus mundur sejenak, mengalah sejenak, dan mencoba mendengarkan apa yang orang tua kita katakan. Ya, ini bukanlah hal yang mudah. Menyelesaikan sebuah masalah dalam keluarga itu ibaratnya sedang lari maraton dan bukan lari sprint. Jadi harus bertahap agar bisa sampai di tempat tujuan dan mendapatkan apa yang diharapkan.

Demikianlah Tips Keluarga ini berakhir, semoga artikel di atas dapat membantu anda menyelesaikan masalah-masalah anda dengan keluarga. Selamat mencoba.

Share