PERAN THYMUS DALAM PERTUMBUHAN MANUSIA

Kelenjar Thymus

Kelenjar Thymus

Pertumbuhan manusia sangat dipengaruhi oleh Kelenjar Thymus. Secara bertahap kelenjar yang satu ini merangsang anggota tubuh untuk terus menerus berkembang. Gangguan pada kelenjar ini akan membuat pertumbuhan seseorang menjadi berlainan. Jika gangguannya berupa kelebihan hormone pada pembentukan di kelenjar ini akan mengakibatkan terjadinya kasus gigantisme, maka sebaliknya jika kekurangan akan mengakibatkan tubuh mereka menjadi kerdil.

Kelenjar ini merupakan bagian dari kelenjar endokrin yang secara umum mengatur pembentukan hormon dalam tubuh manusia. Letaknya pun tersebar di seluruh tubuh manusia. Khusus untuk kelenjar yang satu ini, tidak selamanya akan berkembang pada tubuh manusia. Fungsi terbesarnya terjadi pada saat kita kecil dan masa pertumbuhan. Lambat laun kelenjar ini akan semakin mengecil dan mengurangi fungsinya sampai manusia mencapai batas pertumbuhannya biasanya pada usia dua puluh tahunan. Proses perkembangannya sendiri berbanding terbalik dengan kelenjar kelamin, yang justru berkembang seiring waktu, sedangkan kelenjar ini besar pada awal kelahiran kita lalu semakin mengecil hingga pada puncak pertumbuhan.

Agar kelenjar thymus dapat bekerja maksimal, maka pemberian nutrisi yang mengandung Zinc banyak dianjurkan. Salah satu nutrisi mineral ini diperkirakan memiliki unsur yang baik dalam mendorong pertumbuhan hormone di kelenjar tersebut. Zinc ini dipercaya mampu memaksimalkan proses pembelahan sel di dalam kelenjar tersebut. Selain itu, kemampuan Zinc untuk membantu proses pertumbuhan seseorang juga sejalan dengan khasiat penting timus ini.

Share